Daftar Isi [Tampil]

Selong_Kabar Terkini. Untuk mendorong peningkatan terhadap penguasaan Teknologi Informasi (Internet) bagi para Pendidik dan Tenaga Kependidikan di lingkungan Kementrian Agama (Kemenag) di Indonesia. Agar para Pendidik dan Tenaga Kependidikan mengoperasikan secara lebih mandiri. Maka dibentuklah Program SIMPATIKA. Dengan tujuan, PTK Kemenag menjadi lebih unggul dalam penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang tepat guna dan bermanfaat bagi Dunia Pendidikan Indonesia.

Sesuai dengan surat edaran dari Dirjen Pendis nomor DJ.I/PP.00.6/3541/2015 tanggal 25 September 2015 perihal Penggunaan Sistem Pendataan Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Direktorat Pendidikan Madrasah.
Kabupaten Lombok Timur sekira 250 Kepala Madrasah dan Operator SIMPATIKA dari jenjang RA dan Madrasah mendapat arahan pada acara Sosialisasi “SIMPATIKA dan INPASSING” Bagi Madrasah dan RA Tahun 2016. Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur (24/05).

Acara yang dibuka oleh dibuka Kasie Penmad Kemenag Kab. Lombok Timur, Drs.H.Fauzan Adzima. Dalam sambutannya, Kasie Penmad menyampaikan pointer-pointer mengenai SIMPATIKA dan juga pentingnya data yang valid untuk berbagai kebutuhan. Beliau juga memotivasi para operator sekolah agar tetap semangat melakukan tugasnya demi kepentingan lembaga masing-masing.

Acara yang di-moderatori oleh Yulian Ahmadi berlanjut kepada pemaparan materi SIMPATIKA secara teknis oleh Admin SIMPATIKA Kanwi Kemenag yaitu Sukri dan pemaparan tentang pencairan inpassing oleh Kasie PTK (H.Misbah).

Dalam pemaparannya, H. Misbah dan Sukri bergantian menyampaikan hal-hal terkait latar belakang perubahan aplikasi dari PADAMU NEGERI ke SIMPATIKA, yang dalam operasionalnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi PADAMU NEGERI. Diperkuat oleh Surat Edaran dari Pendis Kemenag yang pada intinya bahwa SIMPATIKA saat ini adalah aplikasi resmi milik Kemenag yang di kemudian hari akan di-terintegrasi-kan dengan aplikasi EMIS.

H. Misbah Kepala Seksi PTK Kementerian Agama Kanwil NTB menyampaikan program-program terbaru SIMPATIKA yang akan diimplementasikan mulai semester I Tahun Pelajaran 2016/2017, antara lain Cetak SKMT dan SKBK Online (basis Isian Jadwal Mengajar), VerVal NRG lanjutan, VerVal Inpassing, Registrasi UKG periode 2016, Seleksi Sertifikasi Guru periode 2016,  Penerbitan NPK (Nomor Pendidik Kemenag), Pemetaan Kebutuhan Guru (Otomasi perhitungan kelebihan/kekurangan Guru Mapel basis Isian Jadwal Mengajar). 
Dalam kesempatan ini juga, Sukri menyampaikan agar kondisi data yang ada pada SIMPATIKA dapat seragam dengan data EMIS baik itu data siswa, PTK dan detail PTK-nya. Suatu saat akan dapat diketahui mana guru  yang “asli” dan mana guru yang “nebeng” pada data SIMPATIKA atau EMIS.
“Kami di tingkat provinsi dan kabupaten akan terus berkoordinasi dengan pihak Dinas Pendidikan setempat terkait validitas data PTK dengan cara melihat DAPODIK. Intinya adalah masing-masing PTK memiliki satu sekolah induk yang seharusnya,” jelas Sukri.

untuk File materinya bisa download "DISINI...."


Materi selanjutnya terkait dengan pembayaran inpassing. di Kabupaten Lombok Timur hasil data yang sudah di review oleh dirjen pendidikan islam adalah jumlah guru inpassing RA/Madrasah se Lombok Timur yang terdata sebanyak 1.611 adapun yang akan di bayar untuk tunggakan dari bulan januari sampai dengan desember 2015 sebanyak 855 orang sisanya tidak  terbayar di karenakan tidak lolos dalam verifikasi dirjen dengan ketentuan banyak NUPTK tidak terdeteksi di SIMPATIKA, dan tidak memiliki berkas (seperti SK dan sertifikat). Sementara untuk tahun 2016 guru inpassing Lombok timur yang sejumlah 1.611 di bayar semuanya sesuai dengan golongan yang tertera SK masing-masing. ,” jelas Misbah”  .

untuk File data Inpassing download "DISINI"