Daftar Isi [Tampil]
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Selamat malam bpk/ibu guru tercinta...

Muncul masalah Tidak Linier Saat Cetak SKMT dan SKBK pada Simpatika? ok tetap tenang. Simpatika beberapa waktu lalu telah meluncurkan fitur baru, yakni cetak SKMT dan ajuan SKBK yang gunanya untuk menghitung beban kerja guru RA/Madrasah yang digunakan sebagai dasar kelayakan guru apakah pantas mendapatkan tunjangan profesi atau tidak. Namun, pada beberapa kasus muncul notifkiasi tidak linier pada status linieritas. Kenapa?

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kemenag Kabupaten, setidaknya ada 3 faktor yang membuat tidak linier pada status linieritas, yakni :.

1. Kesesuaian Mata Pelajaran yang diajarkan dengan Mata Pelajaran yang tertera di NRG
2. Status Verval NRG
3. Nama Mata Pelajaran yang diisikan dalam Jadwal Mengajar Mingguan.

Berikut ini adalah cara mengatasi masalah tidak linier saat cetak SKMT dan SKBK pada Simpatika








1. Nama mata pelajaran tidak sesuai dengan kurikulum nasional

Sebagai contoh adalah mapel Bahasa Inggris(lihat gambar). Meski sama-sama bahasa inggris, namun salah satunya terdapat tanda (-). Maka yang terdapat tanda strip ini dianggap sebagai mapel yang tidak diakui. 
sebagai mata pelajaran yang tidak sesuai dengan kurikulum.














Solusinya sebagai berikut : 

Cek mapel yang tertulis di menu Sekolah > Kurikulum > Daftar Mata Pelajaran
Hapus mapel pada "kurikulum nasional" dengan tanda strip, caranya klik tanda di ujung kanan lalu pilih Hapus Pelajaran.
Cek kembali isian Jadwal Kelas Mingguan. Ganti nama 'mata pelajaran yang tidak sesuai dengan kurikulum nasional' dengan 'mata pelajaran yang sesuai kurikulum'

2. Pastikan sesuai antara  Mapel yang diampu dengan Mapel NRG / Sertifikasi Guru

Jadi, kesesuaian antara mapel yang diampu dengan mapel sertifikasi/NRG juga berpengaruh. Sebagai contoh, jika Anda memiliki sertifikasi pendidik Bahasa Indonesia, maka isilah mapel bahasa Indonesia dalam jadwal kelas mingguan. Begitupun dengan mapel lainnya.

3. Status Verval NRG

Status Verval NRG juga mempengaruhi status linier atau tidak linier. Bagi pendidik yang verval NRG nya telah disetujui, maka akan muncul NRG dalam dasbord PTK yang bisa linier. Begitupun sebaliknya, jika verval NRG masih dalam proses, maka tidak akan linier. 

Demikian bagaimana cara Mengatasi Masalah Tidak Linier Saat Cetak SKMT dan SKBK pada Simpatika, semoga bermanfaat.