Daftar Isi [Tampil]

Foto : Bimtek Kapasitas BPD
LOMBOKTIMUR, Radarselaparang.com - Mengusung tema "Dari Desa Membangun Lombok Timur." Forum BPD Lombok Timur, mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dirangkaikan dengan acara halal Bihalal bertempat di Pendopo Bupati Lotim, Kamis, 28/07/2022.

Hadir dalam acara Bimtek tersebut, Bupati Lombok Timur diwakili oleh Sekretaris PMD, dan Seratus ketua BPD yang yang di ambil secara rendem oleh panitia penyelanggara.

Pada pelaksanaan Bimtek tersebut yang di daulat untuk menyampaikan materi, yakni dari kasi BPD PMD Lotim, Wiwin Ayu Iswadianingrum, SH, M.Ec.Dev, menyampaikan materi "Teknis Pembuatan Laporan Kinerja BPD", dan dari Inspektorat akan menyampaikan materi "Evaluasi Kinerja Kepala Desa".

Judan Putra Baya,SH. selaku Ketua Forum BPD Lombok Timur mengatakan dalam sambutanya selaku ketua panitia pelaksa " Kegitan ini tidak semua BPD dapat kami lakukan karena mengingat kapasitas dan kemampuan pembiayaan, untuk tahap pertama ini hanya 100 Desa yang kami undang dari 254 Desa yang tersebar di Lombok Timur"

Lebih lanjut Judan mengatakan, Pada, 29 Desember 2019 lalu, kami membentuk Forum BPD Lombok Timur, dengan Dasar tunjangan BPD pada saat itu sangat minim dan sangat miris, sehingga dengan adanya Forum BPD ini kami memperjuangan peningkatan tunjangan para anggota BPD.

Alhamdulillah, yang awalnya 500.000 dengan terbentuknya Forum BPD ini langsung naik 100.000 sehingga untuk tunjangan anggota BPD perbulanya menjadi 600.000. "Kami berharap adanya peningkatan pendapatan BPD pada tahun ini" ungkapnya.


Bupati Lombok Timur, di wakili oleh Sekretaris Dinas PMD Kab.Lotim Muhammad Safwan, menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara bimtek dan menyampaikan secara singkat dan lugas terkait tugas dan fungsi BPD pada peserta bimtek.

"BPD mempunyai fungsi: membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa; menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa; dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa"

Di sela bimtek Dinas PMD Kab.Lotim saat diwawancarai terkait harapan kenaikan tunjangan BPD, Ia mengatakan. "Tidak ada kenaikan tahun ini, karena sudah kita naikan sebelumnya." tandasnya.

Sementara itu Dedy Febry Rahman, M.Pd. Selaku Sekretaris Forum BPD, menyampaikan bahwa dengan adanya Forum ini kami memperjuangkan tunjangan dan operasional. 

Terutama mengenai operasional pada tahun 2020 dipatok tidak boleh lebih dari 5 juta, tetapi kami perjuangkan menjadi minimal 5 juta tidak ada kata maksimal yang ada hanya kata minimal.

Sesuai dengan time Scidule yang di buat oleh panitia pelaksana, Bimtek Peningkatan Kapasitas ini di mulai dari pukul, 7.00 WITA dan berakhir pada pukul, 14.30 WITA. (RS)