Daftar Isi [Tampil]

Doc. Camat Suralaga - Drs. Nurhilal

LOMBOKTIMUR,RadarSelaparang.com - Camat Suralaga, Drs. Nurhilal,  berkesempatan hadir menyampaikan sambutannya pada acara Musyawarah Desa Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2022 di  aula kantor Desa Tumbuh Mulia hari ini (14/07). 

Ada beberapa hal yang ditekankan oleh Camat Suralaga dalam pidato sambutannya tersebut, diantaranya terkait masalah pendataan masyarakat miskin. 

Menurut Camat Suralaga data masyarakat miskin masih menjadi bahan pergunjingan di tengah-tengah masyarakat. Banyak masyarakat yang protes terkait hal ini. Masyarakat menganggap menyaluran bantuan selama ini tidak adil.

“Sering itu protes-protes dari masyarakat, Yak na adil desa-desa nene, Pak Kades yak da adil nyalurang bantuan (Tidak adil desa-desa ini, Pak Kades tidak adil dalam menyalurkan bantuan).” Kata Nurhilal sambil menirukan dengan dialog Sasak-Suralaga.

Untuk itu, Nurhilal, selaku Camat Suralaga mengingatkan agar jangan membuat data asal-asalan atau sepintas saja. Apalagi bila hanya mengukur dengan melihat kondisi masyarakat berdasarkan rumahnya. 

“Jangan sampai kita melihat keberadaan sesorang berdasarkan rumahnya. Tetapi kita harus melihat latar belakangnya, menelusuri dulu apa pekerjaannya, punya nggak tidak sawah-kebun, pegawai kah dia, dan seterusnya. Jangan kita mengambil kesimpulan kaya atau miskin itu bisa dilihat dari rumahnya terbuat dari batu-bata. Ini salah fatal.” Tegas beliau.

Camat Suralaga pun menyarankan agar segera dibentuk tim verifikasi data masyarakat miskin. Tujuannya agar data yang diperoleh obyektif dan transparan. “Desa harus membetuk tim. Jumlah tim minimal 7-11 orang terkandung kondisi kebutuhan. Mengapa dibentuk tim? supaya datanya obyektif.....” Pungkas beliau. (Yel)