Daftar Isi [Tampil]

Doc. Peserta Matsama MAN IC Lotim
LOMBOKTIMUR,Radarselaparang.com - Mengawali Tahun Pelajaran 2022/2023, MAN Insan Cendekia Lombok Timur melaksanakan kegiatan MATSAMA (Masa Ta'aruf Siswa Madrasah) dengan mengusung tema: "Healing The World (Menyembuhkan Dunia)" pada hari Senin, 18 Juli 2022.

Matsama memiliki arti Masa Taaruf Siswa Madrasah yang merupakan kegiatan pengenalan lingkungan madrasah/sekolah pada awal tahun ajaran baru di tingkat MI, MTs, dan MA. 

Kegiatan Matsama sebelumnya lebih dikenal dengan MOS (Masa Orientasi Siswa) MOPD (Masa Orientasi Peserta Didik) MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). Melihat cakupannya yang dilaksanakan di lingkungan madrasah, maka Matsama merupakan bagian dari salah satu program pendidikan pada Kementerian Agama.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh H. Aozar Zawad, M.Ed. selaku kepala MAN IC Lombok Timur, sebelumnya para peserta Matsama diberikan pengarahan pentingnya Matsama di Madrasah. Kegiatan Matsama ini rencana akan dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut dari hari senin sampai dengan hari rabu, yaitu tanggal 18 -20 Juli 2022.

Kepala MAN Insan Cendekia Lombok Timur (H. Aozar Zawad, M.Ed.) dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih atas dukungan Direktur KSKK Madrasah Kementerian Agama RI, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB, Kepala Seksi Kurikulum Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur, Komite MAN Insan Cendekia Lotim, dan semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu terhadap program madrasah.

Dihadapan 96 peserta didik, dia berpesan bahwa tujuan MATSAMA adalah: pertama; mengenalkan lingkungan, nilai, dan karakter madrasah. Kedua; menumbuhkan kultur dan jiwa bangga dalam diri peserta didik untuk belajar, mencintai, dan menjaga nama baik madrasah, dan ketiga; menanamkan dan memperkuat nilai-nilai moderasi beragama dan karakter ke Indonesiaan kepada peserta didik. 

Bagi guru, H. Aozar Zawad, juga berpesan tetap komitmen dan berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada madrasah, khususnya peserta didik, tutupnya.


H. Selamet Ridwan, M.Pd selaku ketua panitia MATSAMA MAN Insan Cendekia Lombok Timur sangat antusias dalam mengkoordinir seluruh panitia. Matsama MAN IC Lotim dilaksanakan selama 4 hari terbagi menjadi dua yakni pra Matsama dilaksanakan pada hari Ahad, 17 Juli 2022 dan Matsama dilaksanakan dari tanggal 18 - 20 Juli 2022.

Peserta Matsama sebanyak 96 orang terdiri dari peserta putra 40 orang dan 56 peserta putri, dan pemateri Matsama sebanyak 13 orang pemateri dari luar 6 orang dan 7 orang dari guru MAN IC Lotim.

Adapun pemateri  1 Kepala MAN IC Lotim H.Aozar Zawad M.Ed dengan materi sejarah perkembangan dan impian MAN IC Lombok Timur di masa depan, Pemateri 2. Kepala Kantor Kementerian Agama Lombok Timur Dr. H. Sirojuddin, MM. dengan tema Mederasi beragama ( Ukhuwah Basyariyah, Wathaniyah, dan Islamiyah), Pemateri 3 Ketua komite MAN IC H.Muhammad Syakirin M.Pd dengan tema Membangun pola pikir dan memelihara madrasaah.

Selanjutnya Pemateri 4 Kepala MAN 1 Mataram Dr.Lalu Sirojul Hadi M.Pd tema Bernalar kritis dan berjiwa kreatif serta kompetitif dan Pemateri terakhir Dosen FKIP Universitas Mataram Syaiful Musaddad M.Pd dengan tema Program riset di madrasah.

“Dengan kegiatan ini diharapkan peserta didik baru dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan madrasah sehingga dapat memahami dan menjalankan proses pembelajaran dengan baik dan maksimal kedepannya”, imbuhnya saat ditemui di tempat kegiatan.

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan MATSAMA, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur, Drs. H. Sirojuddin, MM. Kepala MAN IC Lotim, H. Aozar Zawad, M.Ed. Kepala MAN 1 Mataram, Dr. Lalu Sirojul Hadi, M.Pd. Ketua Komite MAN IC, H. Muhammad Syakirin, M.Pd. Dosen FKIP Unram, Syaiful Musaddad, M.Pd, Seluruh Dewan Guru dan Osim MAN IC Lotim. Seluruh kegiatan berjalan dengan lancar. (Hafiz)