Daftar Isi [Tampil]

Doc. AKP Rita Yuliana 

LOMBOKTIMUR,radarselaparang.com – Baru-baru ini yang lagi viral dan menjadi sorotan warganet Polisi wanita (Polwan) bernama AKP Rita Yuliana.

Anak buah Polda metrojaya Irjen Fadil Imran ini sebelumnya bertugas di Polres Lombok Timur, mulai bertugas di Metrojaya sesuai dengan surat mutasi yang tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2604/XII/KEP.2021 yang terbit pada 24 Desember 2021.

Melansir dari nesiatime, Selasa (19/7/2022), setelah lulus dari Akademi Kepolisian Tahun 2013 lalu, AKP Rita resmi menjadi anggota Polri dan langsung bertugas di Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Wanita  kelahiran Selong, Lombok Timur pada 1 Juli 1992 itu bukan lah polwan biasa, Salah satu prestasi yang dimiliki yakni ia mahir berbahasa Mandarin.

Dia merupakan anak bungsu dari empat bersaudara. Ayahnya seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kantor Kecamatan.

Rita panggilan akrab Polwan cantik tersebut tercatat sebagai satu-satunya perwakilan Polri yang mendapat beasiswa International Law Enforcement Liaison Officer Program di Beijing Foreign Studies University (BFSU) Beijing, China pada tahun 2018. Dimana program tersebut merupakan spesialis bahasa Mandarin yang diikuti 33 negara dari tiga benua yakni Eropa, Asia, dan juga Afrika.

Rita Selain berprestasi di bidang akademik, ia juga menorehkan prestasi saat bertugas di Lombok Timur. Salah satu prestasi tersebut di saat Rita menjabat sebagai Kasat Lantas, Ia menginisiasi pembuatan gerai vaksin di layanan Satpas SIM Polres Lombok Timur, yang mana itu hal pertama di Indonesia, kemudian menjadi role model bagi seluruh jajaran kepolisian di Indonesia.

Atas terobosan tersebut, Irjen M Iqbal yang menjabat sebagai Polda NTB saat itu memberikan penghargaan kepada Rita.

Tak hanya itu saja,  Rita juga pernah berhasil mengungkap kasus striptis Metzo di kawasan pariwisata Senggigi dan juga kasus lainnya saat bertugas di Subdit IV Dit Reskrimum Polda NTB. (RS)