Daftar Isi [Tampil]

LOMBOKTIMUR.Radarselaparang.com - Salah satu acara penting dikalangan Nadlatul Wathan yakni merayakan hari-hari Besar Islam, salah satunya perayaan pengajian Akbar 1 Muharram 1444 H yang bertepatan dengan 30 Juli 2022 M, diselenggarakan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Wathan (PBNW) bertempat di Majlis Dakwah Hamzanwadi II Anjani - Lombok Timur, Sabtu, (30/07).

Acara ini merupakan tradisi yang tetap dilakukan jauh sebelumnya, semenjak guru besar Almagfurullah Maulanassyaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, yang tetap dilestarikan oleh penerus beliau.

Pengajian Akbar 1 Muharram 1444 H ini dihadiri oleh semua jajaran pengurus organisasi Nadlatul Wathan dari Dewan Mustasyar yang di ketuai oleh Ummuna Hj. Siti Raihanun ZAM, Pengurus Besar Nahdlatul Wathan (PBNW) TGKH Muhammad Zainuddin Ats-Tsani selaku ketua umum dan jajaran dari tingkat Pusat sampai ranting, Semua Badan Otonom (Banom) dan lembaga-lembaga dibawah naungan organisasi NW, ribuan santri/santriwati di lingkup Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani Lombok Timur, beserta Jamaah Warga besar Nadlatul Wathan (NW) dari berbagai dusun yang tersebar di Nusa Tenggara Barat.

Dalam kesempatan itu para Tuan Guru memberikan kajian-kajian keislaman diantaranya pengantar pengajian disampaikan oleh Masyaikh MDQH NW, TGH Salehuddin, Lc. Menyampaikan bahwa banyak terima kasih atas kehadiran para Jajaran pengurus dari Tingkat Mustasyar PBNW, pengurus NW dari Wilayah sampai tingkat ranting, yang tidak ketinggalan kepada para pasukan inti Barisan Hizbullah NW yang tetap tegar dalam menjaga keamanan berlangsungnya acara ini dari sejak pagi.

Lebih lanjut TGH Saleh yang juga selaku Panglima Barisan Hizbullah NW menyampaikan bahwa kita "jamaah NW harus tetap berpegang teguh pada apa yang sudah dikomandokan oleh pimpinan terutama pada anggota Barisan Hizbullah agar tetap pada ranah Sami'na Wa Ato'na, yakni mendengar dan dijalankan, jangan sampai mendengar tetapi tidak mau menjalankan, itu salah".terangnya.

Selanjutnya pengajian disampaikan oleh beberapa Massyaikhul MDQH NW Anjani Lotim diantaranya TGH Zaini Abdul Hanan,Lc., M.Pd.I. mengutarakan bahwa "hijrah yang paling utama itu adalah hijratul qulub, hijrah hati dari perbuatan yang tidak baik menjadi baik". "Ungkapnya". 

Pengajian berikutnya dilanjutkan oleh TGH Ihsan Safar, QH.SS, M.AP.

Di penghujung acara Irsyadat Wa Taujihat atau dikenal dengan pesan keorganisasian disampaikan kepada jamaah NW oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Wathan (PBNW) TGKH. Muhammad Zainuddin Ats Sani Lc. M.Pd.I. diharapkan kepada jamaah agar Anfaukum Li Nahdlatil Wathan, di mana agar semua warga NW, agar taat dalam berorganisasi jangan ada dusta di antara kita. 

"Intinya jamah NW haruslah taat terhadap apa yang di instruksikan oleh pimpinan organisasi, Sami'na Wa Ato'na bukan Sami'na Wa Faqqarna". 

Disamping itu ketua umum PBNW, menyampaikan kegiatan Ad-Dzikrol Hauliah MDQH NW digelar pada tanggal 14 Agustus 2022, dan terakhir Insyallah Tahun ini kita akan melaksanakan Hultal Madrasah NWDI yang rencana akan dilaksanakan tanggal 21 Agustus 2022. "Tutupnya".

Diakhir acara sebelum jamaah bubar sesuai dengan tradisi Nahdlatul Wathan acara pengajian ditutup dengan pembacaan doa Pusaka yang di pimpin oleh Pengurus Wilayah NW, TGH Lalu Gede Muhammad Khairul Fatihin, QH., S.Kom.I., MM. (RS)