Daftar Isi [Tampil]


LOMBOKTIMUR
,RadarSelaparang.com - Pemerintah Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur, melaksanakan agenda rutin tahunan yaitu Musyawarah Desa Rencana Kerja Pemerintah Desa (Musdes RKPDes) untuk Tahun Anggaran 2023. Bertempat di aula kantor desa setempat, Kamis, 14/07/2022.

Musdes dihadiri oleh Forkopimcam Suralaga, Kepala Desa beserta perangkat dan staf, BPD dan anggotanya,TP.PKK Desa Babinkamtibmas, Pol PP Perwakilan RT/RW, Pendamping Lokal Desa(PLD), LPMD, petugas PLKB Desa, Bidan Desa Karang Taruna Desa,  Posyandu, Pengurus Komunitas Literasi Madrasah (KALAM) Lombok Timur, Ketua PIK-R jalur masyarakat, Pekaseh , Perwakilan Pengurus Aldak Emas Lombok Timur , Perwakilan pengurus pemuda pacu ,perwakilan pengurus TPQ,tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Pelakasanaan Musdes RKP-Desa mengacu pada UU no 6 tahun 2014 tentang Desa, Permendagri nomor 114 tahun 2014 tentang pembangunan Desa dan Permendesa PDTT Nomor 16 Tahun 2019 tentang Musyawarah Desa serta Permendesa PDTT tentang pedoman umum pembangunan Desa dan pemberdayaan masyarakat Desa.

Sedangkan prioritas Penggunaan Dana Desa mengacu pada Permendesa PDTT Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022. 

Musdes RKP-Desa bertujuan menyusun perencanaan desa yang baik dan matang dalam menentukan arah kebijakan Pemdes dlm berbagai sektor, baik di sektor pembangunan, pembinaan maupun sektor pemberdayaan serta penyelenggaraan Pemerintah Desa Tumbuh Mulia untuk tahun anggaran 2023 yang akan datang.

Disela pembukaan acara, Camat Suralaga Drs. Nurhilal dalam sambutannya menyampaikan, bahwa untuk Menyusun RKPDes yang paling penting adalah bagaimana mewujudkan dan melaksanakan pemulihan ekonomi secara transparan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa, Khususnya desa Tumbuh Mulia di Tahun 2023 dengan tetap berpedoman skala Prioritaskan pembangunan yang lebih dibutuhkan.

Doc. Camat Suralaga Drs. Nurhilal dalam menyampaikan sambutan acara Musdes RKPDes 2023 di Desa Tumbuh Mulia 

Nurhilal pun menyarankan agar segera dibentuk tim verifikasi data masyarakat miskin. Tujuannya agar data yang diperoleh obyektif dan transparan. “Desa harus membetuk tim. Jumlah tim minimal 7-11 orang terkantung kondisi kebutuhan. Mengapa dibentuk tim? supaya datanya obyektif.....” Pangkasnya.

Sementara dalam sambutan, Kepala Desa Tumbuh Mulia Mawarlan, S.Pd.I, M.Si menyampaikan “Dalam 1 tahun kedepan kita semua belum tahu apakah negara kita sudah bebas dengan covid-19 atau belum namun dalam penyusunan RKPDes ada beberapa pos anggaran untuk penanggulangan bencana salah satunya juga sebagai bentuk antisipasi jika memang covid-19 belum dinyatakan bebas dari Indonesia," ditambah lagi wabah penyakit hewan sapi yakni Penyakit Mulut dan Kuku (PKM) dimana di desa kita yg populasinya cukup banyak katanya.

Doc. Kepala Desa Tumbuh Mulia - Mawarlan, S.Pd.I. M.Si.

Mawarlan juga mengatakan untuk seluruh masyarakat Desa Tumbuh Mulia hendaknya bersama – sama, bergotong royong, menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah desa sehingga kedepannya nanti Desa Tumbuh Mulia bisa menjadi lebih baik dalam sisi pembangunan,pembinaan serta Pemberdayaan Sumber Daya Manusia maupun aspek lain yang nantinya menjadikan Desa Tumbuh Mulia bisa 10 langkah lebih maju lagi kedepannya.

Sebagai tambahan Tahun ini Desa Tumbuh Mulia termasuk dalam katagori status Desa Mandiri sesuai dg keputusan menteri desa pembangunan daerah tertinggal dan transimigrasi Republik indonesia no 80 tahun 2022 tentang status kemajuan dan kemandirian Desa imbuhnya.

Doc. Peserta Musdes RKPDes 2023

Dalam kesempatan itu juga Ketua BPD Tumbuh Mulia H. Ma'ruf, M.Pd selaku pimpinan rapat telah membentuk tim penyusun RKPDes tahun anggaran 2023 adapun nama-nama yang terbentuk sesuai hasil musyawarah yakni sebanyak 7 orang:

Tim Penyusun RKPDes 2023

Ketua : Muh. Abdaluddin, SE. (Sekdes), Anggota : Gagang Sasak Maturu, S.Pd (Kawil Darul Iman Attaqwa), Herman Dani, S.Pd (Kawil Dasan Tumbu), Ainuddin, QH (Kawil Gegurun), M. Anwar Fauzi, S.Kom (Kawil Gegurun Lauk), Nu'manul Hakim (Kawil Dasan Kulur),Hafizudin (Kawil Muhajirin) Bidan Desa, dan Nuri Wahidayatillah. S.Pd (Opdes).

Pelaksanaan Musdes berjalan dengan lancar dan terjadi interaksi komunikasi, sharing, diskusi dengan seluruh audien yang hadir dalam musdes tersebut. Semoga kedepannya Desa Tumbuh Mulia semakin mandiri dan berkembang.(MF)