Daftar Isi [Tampil]
Rombongan Tim LLDIKTI Wilayah VIII di
Kampus Politeknik Selaparang Lombok (PSL)

LOMBOKTIMUR,Radarselaparang.com - Politeknik Selaparang Lombok (PSL), merupakan kampus Vokasi, yakin kampus menyelenggarakan pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, meliputi program pendidikan Diploma yang setara dengan program pendidikan akademik.

Perguruan Tinggi  yang berlokasi di lingkungan Pondok Pesantren Cendekia DLM NW Aiklomak, Desa Toya, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur, mengelola tiga program studi, yakni D III Perjalanan Wisata, D III Usaha Budidaya Ternak, dan D IV Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan.

Dalam perjalanannya PSL, terbilang masih belia ini sudah mengantongi Izin operasional pada 1 Desember 2021 lalu, berdasarkan SK Mendikbudristek RI, nomor 212/D/OT/2021. 

Saat ini, PSL merupakan satu-satu nya perguruan tinggi vokasi di Lombok Timur. Jadi, PSL sangat berpeluang untuk berkembang dengan baik, karena sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan di dunia kerja saat ini.

Oleh karena itu, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI ) Wilayah VIII yang lebih dikenal dengan nama KOPERTIS (Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta) melaksanakan pembinaan perdana kepada Politeknik Selaparang Lombok (PSL) pada hari Jum’at (22/7/22) kemarin.

Tim LLDIKTI WIL VIII berjumlah 5 (lima) orang dipimpin oleh Ibu Teni, tiba di kampus PSL, Pukul 8.30 WITA dan meninggalkan kampus PSL, Pukul 12.00 WITA  untuk melanjutkan perjalanan pembinaan ke Perguruan Tinggi lain yang ada di Lombok.

Pada kegiatan pembinaan itu, Tim LLDIKTI memberikan bimbingan teknis kepada Pimpinan dan bagian Akademik Politeknik Selaparang Lombok (PSL).

Selain itu, kehadiran tim ini juga untuk memberikan konsep dasar pengelolaan perguruan tinggi agar seluruh proses Tridarma Perguruan Tinggi dapat terlaksana dengan baik. Karena PSL baru memulai penenerimaan mahasiwa baru Yahun Akademik 2022/2023.

Moment ini tentu menjadi kesempatan bagus bagi para pengelola untuk menata dan mendesain pengembangan PSL, agar menjadi Perguruan Tinggi Vokasi unggul di masa depan.

LLDIKTI Wilayah VIII berkomitmen untuk membantu dan mendorong seluruh perguruan tinggi yang ada di wilayah Bali dan NTB untuk meraih akreditasi unggul.

Untuk itu, seluruh perguruan tinggi harus taat asas, mengedepankan kualitas SDM, mengembangkn fasilitas kampus serta memahami kurikulum medeka.

Dr.H.Mugni Sn., M.Pd., M.Kom, selaku Direktur bersama seluruh jajarannya menyambut kehadiran Tim LLDIKTI Wilayah VIII dengan bersemangat dan sangat mengapresiasi kehadirannya di Kampus PSL.

Motto yang di usung oleh Politeknik Selaparang Lombok ( PSL) ” Berskill dan Berkarakter Santri”.

Dimana menurut Dr Mugni, selaku Direktur dan juga saat ini menjabat Kepala BKPSDM Kabupaten Lombok Timur, mengatakan “Motto ini harus terwujud. Karna itulah karakter dari perguruan tinggi vokasi, menyiapkan mahasiwa untuk menjadi tenaga terampil yang siap menciptakan lapangan kerja atau bekerja pada usaha orang lain".

“Jangan lagi kuliah orientasinya jadi ASN, entar kecewa, Kuliah haruslah semata-mata untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya. Jika memiliki ilmu dan kemampuan, maka pekerjaan untuk mendapatkan hidup yang lebih layak akan mudah didapatkan, ibarat kata pepatah “proses tidak akan menghianati hasil”. Tegasnya.

Karena itu Mugni, selalu memberikan nasihat pada seluruh siswa/santri yang sedang menuntut ilmu di Cendekia untuk fokus pada proses pembelajaran. Namun tentu bila ada peluang jadi ASN nantinya bisa ikut ambil bagian, karena alumni Perguruan Tinggi Vokasi juga legal untuk menjadi ASN dengan ijazah yang diperoleh dari program diploma sampai program doktor terapan.

Lebih lanjut Mugni, mengutif salah satu hadits yang artinya: “Barangsiapa yang hendak menginginkan dunia, maka hendaklah ia menguasai ilmu. Barangsiapa menginginkan akhirat hendaklah ia menguasai ilmu, dan barangsiapa yang menginginkan keduanya (dunia dan akhirat) hendaklah ia menguasai ilmu,” (HR Ahmad).

"Maka saya mengingatkan, selama kuliah, fokus saja untuk menuntut ilmu. InsyaAllah pekerjaan itu tidak akan sulit kalau kita sudah memiliki ilmu dan skill," tutupnya.(RS)