Daftar Isi [Tampil]


Doc. Dari tengah Muhammad Maksum,S.PdI (kepala Sekolah) kiri Adi Patoni,SH.,S.Pd (Wakasek), kiri Lalu Sulhi Munir, M.Pd (Pengawas Sekolah)

LOMBOKTIMUR,radarselaparang.com - Dalam rangka meningkatkan pemahaman guru dalam menghadapi tahun pelajar baru 2022/2023, SMP Islam Saadatuddarain NW Majuwet mengadakan Bimtek Implementasi  Kurikulum Merdeka (IKM) Selasa, 19/07,  Sebagaimana yang diamanatkan dalam Kepmendikbudristek No. 56 Tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka) sebagai penyempurna kurikulum sebelumnya.

Kepala sekolah SMP Islam Saadatuddarain NW Majuwet Muhammad Maksum, S.PdI dalam sambutannya " Bimtek IKM ini bertujuan agar semua guru bisa menerapkan kurikulum merdeka belajar dalam proses pembelajaran dikarenakan ini hal baru di tahun pelajaran 2022/2023"

Lalu Sulhi Munir, M. Pd selaku pengawas sekolah dan juga sebagai pemateri Bimtek tersebut, " Dalam kurikulum merdeka ini guru dan siswa harus benar-benar merdeka dalam semua sisi dan bisa lebih cepat pemahaman anak dalam belajar, oleh karena itu guru di tuntut untuk mampu minimal menguasai esensi dari kurikulum merdeka tersebut". Imbuhnya.

Lebih lanjut Sulhi menjelaskan sesuai dengan Kepmendikbudristek No. 56 Tahun 2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran memiliki 2 lampiran. Kedua lampiran tersebut berkaitan dengan pelaksanaan kurikulum merdeka di sekolah. Nama lampiran tersebut adalah:

1. Kurikulum Merdeka pada PAUD, Dikdas, dan Dikmen.

2. Pemenuhan beban kerja dan penataan linieritas guru bersertifikat pendidik dalam implementasi pembelajaran pada kurikulum merdeka.

Tiga jalur/kategori yang sudah disesuaikan dengan kondisi dan situasi dari masing-masing satuan pendidikan, yakni:

1. Mandiri Belajar

Pilihan mandiri belajar akan memberikan kebebasan kepada satuan pendidikan saat menerapkan kurikulum merdeka.

2. Mandiri Berubah

Jalur kedua akan memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan untuk 

3. Mandiri Berbagi

Sementara yang ketiga, sekolah bisa mengembangkan sendiri perangkat ajar dalam proses penerapan kurikulum merdeka.

Dan sesuai dengan pengisian instrumen dapodik sekolah kita di kategori 1 yakni Mandiri Belajar, dengan struktur kurikulum tidak berubah dengan kurikulum K13". Paparnya.

Untuk menghidupkan suasana Bimtek pemateri membagi guru dalam beberapa kelompok setelah itu memberikan peserta bimtek untuk mengisi isian yang selanjutnya diberi kesempatan untuk mempresentasikan dan menanggapi hasil diskusi.

Prinsip kurikulum merdeka terdapat beberapa prinsip;

I. Prinsip pembelajaran kurikulum merdeka yang pertama adalah pembelajaran sesuai kondisi peserta didik. Redaksi nya adalah :

Pembelajaran dirancang dengan mempertimbangkan tahap perkembangan dan tingkat pencapaian peserta didik saat ini, sesuai kebutuhan belajar, serta mencerminkan karakteristik dan perkembangan yang beragam sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan “

II. Pembelajar Sepanjang Hayat

Prinsip pembelajaran kurikulum merdeka yang kedua adalah sebagai berikut:

Pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk membangun kapasitas untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat”.

III. Holistik

Prinsip pembelajaran kurikulum merdeka yang ketiga adalah Holistik. Adapun redaksinya sebagai berikut:

Proses pembelajaran mendukung perkembangan kompetensi dan karakter peserta didik secara holistik”.

IV. Pembelajaran yang Relevan

Memiliki arti bahwa pembelajaran yang dirancang sesuai konteks, lingkungan dan budaya peserta didik, serta melibatkan orang tua dan masyarakat sebagaimana stakeholder lainnya

V. Pembelajaran Berorientasi Pada Masa Depan yang Berkelanjutan

Memiliki makna bahwa proses pembelajaran ialah suatu proses yang berkelanjutan dari satu fase ke fase selanjutnya, satu tahap ke tahap berikutnya (step by step) yang mana berorientasi pada masa depan atau pada tujuan. Tegas Sulhi.

Diakhir acara Maksum menyampaikan "ucapan banyak terimakasih kepada Bapak Sulhi Munir, M.Pd selaku Pengawas pembina dan meluangkan waktu untuk memberikan materi bimtek dan kepada bapak/ibu guru diharapkan tekun mengikuti acara sampai selesai nanti dengan harapan  Bimtek ini mudahan bisa menghasilkan output pelatihan yang bagus sehingga bapak/ibu guru kami sudah siap dalam mengajar sesuai dengan tuntutan kurikum merdeka, dan kegiatan bimtek ini berlangsung mulai dari pukul 08.00 -15.00WIB karena setelah pelatihan dilanjutkan dengan pembagian tugas mengajar". tutupnya (RS/dipa)