Daftar Isi [Tampil]


LOMBOKTIMUR, RadarSelaparang.com - Dalam rangka mendukung Program Pengelolaan Pelayanan Pertanahan, pada Kamis (21/07/2022) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Lombok Timur menggelar kegiatan Peta Tematik Pertanahan dan Ruang (PTPR). BPN akan melakukan kegiatan pembuatan PTPR di Desa Tumbuh Mulia kecamatan Suralaga.

Kehadiran pemerintah dalam konteks agraria terdapat 4 aspek, yaitu Penguasaan, Penggunaan, Pemilikan, dan Pemanfaatan. Hal ini disampaikan oleh kasi Pengukuran BPN Lombok Timur, Taufikurrahman.

Tujuan PTPR adalah memastikan bahwa seluruh hak, batasan, dan tanggung jawab masyarakat atas tanah tercatat dalam sistem administrasi tanahan, dan untuk informasi bahwa pemerintah dalam hal BPN sudah menyiapkan aplikasi "Sentuh Tanaku" untuk mempermudah masyarakat agar terhindar dari calo, terang Kasi Pengukuran BPN Lombok Timur.

Kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan diskusi dengan masyarakat. Dalam diskusi warga Desa Tumbuh Mulia berharap kepada petugas surveyor BPN dalam melaksanakan tugas membuat PTPR benar-benar turun ke lapangan sehingga tingkat akurasi PTPR tinggi dan. Kedua apabila ada program PRONA dari pemerintah agar biaya pembuatannya gratis.

Pada kesempatan yang sama, Acara sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Desa Tumbuh Mulia, Mawarlan, S.Pd.I, M.Si, dan menyampaikan harapannya dengan sosialisasi kesadaran masyarakat akan meningkat terkait administrasi kepemilikannya. 

“Selanjutnya kedepannya akan terjalin hubungan yang baik antara pemerintah desa Tumbuh Mulia dengan BPN Lombok Timur,” ujar Mawarlan.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga ini dihadiri oleh BPD, Perangkat Desa, seluruh tokoh masyarakat, Ketua RT, Kader, PKK, Pekaseh dan peserta KKN UIN Mataram beserta instansi terkait. (RS)