Daftar Isi [Tampil]


LOMBOK TIMUR
, Radarselaparang.com - Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmi, mengungkapkan geliat ekonomi masyarakat Lombok Timur meningkat pasca Pandemi covid-19, berkat pelaksanan perayaan Hultah ke 87 Madrasah NWDI. Ahad, (21/8).

Bupati Sukiman, menyampaikan atas nama pemerintah kabupaten Lombok timur mengucapkan terimakasih yang mendalam atas penempatan Hultah ke 87 Madrasah NWDI ditempatkan di Lombok Timur, karena banyak kegiatan yang dilakukan merupakan berkah tersendiri bagi masyarakat Lombok Timur.

"Dengan kegiatan yang dilaksanakan untuk menyambut Hultah ini, sangat berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat Lombok Timur," ucapnya.

Bupati Sukiman juga menyampaikan Dalam sebulan ada kegiatan besar yang dilakukan oleh organisasi Nahdlatul Wathan (NW) mulai dari Perayaan Adz Dzikrol Hauliah MDQH, terus Kegiatan menyambut Hultah sampai perayaan Hultan ke 87 Madrasah NWDI hari ini, andai bila dilakukan sekali sebulan itu sangat luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Lombok Timur.

Bupati Lotim itu juga minta izin langsung kepada Ummi Hj Sitti Rainahun Zainuddin ZAM untuk bercerita 53 tahun yang lalu saat Ia menempuh pendidikan enam tahun di Madrasah Tsanawiah di Muallimin NW Pancor. Dimana ada empat tokoh yang datang ke Maualana Syaikh, yang pertama H.  Abdullah (bapaknya bupati), H. Sa'dudin, H. Muslim, dan H. Zainal Muttaqin.

Keempat orang itu datang ke Maulana Syaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid, Pahlawan dari NTB. Maksud kedangan empat tokoh itu untuk minta izin, meminta Maulana Syaikh untuk melaksanakan pengajian di Desa Tumbuk.

" Almagfurullah menjawab baik, tapi ada satu syaratnya saya mau datang, dirikan madrasah dulu di desa mu, baru saya datang mengaji kesana,"tuturnya

Sukiman menyebut kiprah organisasi NW yang didirikan oleh Ulama karismatik dan juga pahlawan Nasional asal NTB Almagfurullah Maulana Syaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid, dimana pendidikan di Lombok Timur delapan puluh persen didominasi oleh swasta dan itu pun paling banyak Madrasah/sekolah dibawah panji-panji organisasi Nahdlatul Wathan.


Data pendidikan di LombokTimur yang dikelola oleh negri dan swasta; TK/paud yang dikelola Negeri sebanyak 27 sementara di kelola oleh masyarakat sebanyak 1168 buah, sementara SD sebanyak  664 buah yang di kelola swasta sebanyak 106 buah, MIN 1 buah sementara MI swasta 235 buah, SMPN 105 dan SMP swasta 155, Sedangkan MTsN 4 buah dan MTs Swasta 252 buah, semetara SMAN 23 buah dan SMA Swasta 48 buah, SMKN 9 buah dan SMK Swasta 88 buah, MAN 3 buah sedangkan MA Swasta 169 buah, terakhir untuk Perguruan tinggi 15 buah dimana sebagian besar juga dibawah panji-panji NW.

"itu semua berkat Almagfurullah Maulana Syaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid, dan tugas kita sekarang merawat dan menjaga waris beliau,"paparnyanya.

Terakhir Bupati Sukiman, menyampaikan "Selamat Hultah ke 87 Madrasah NWDI,Jaya selamanya, hidup selamanya masa kini dan masa yang akan datang," tutupnya. (RS/Dipa)