Daftar Isi [Tampil]

Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy saat menyampaikan sambutan pada Anak Hultah ke 87 Madrasah NWDI di Ponpes Ulil Albab Gegek. Selasa, (30/8/2022)
LOMBOK TIMUR, Radarselaparang.com - Bupati Kabupaten Lombok Timur (Lotim) H.M. Sukiman Azmy sampaikan bahwa; Keberhasilan pondok pesantren (Ponpes) salah satunya dapat dilihat dari keberhasilan santrinya ketika keluar dari Ponpes, yaitu kemampuan mengamalkan ilmunya di masyarakat. Selain itu dapat dilihat pula dari kemampuan para santri menanamkan nilai-nilai relijius yang ada di Ponpes kepada masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya.

"mengajak masyarakat untuk melaksanakan shalat berjamaah dan mengajak kepada kebaikan lainnya," terang Bupati Sukiman, memberikan contoh.

Hal tersebut disampaikan dalam sambutannya di acara Pengajian Anak Hultah ke - 87 Madrasah NWDI, dirangkaikan dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke-29 Ponpes Ulil Albab NW Gegek, Kecamatan Montong Gading. Selasa, (30/8)

Bupati Sukiman, selain menyampaikan selamat kepada pengurus dan santri Ponpes Ulil Albab, Ia juga berharap Ponpes ini mampu mencetak santri berakhlak mulia dan memiliki kecintaan serta bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan agama.

Bupati pada kesempatan tersebut juga menyerahkan piala Bupati Cup Turnamen Karate Ulil Albab III, yang merupakan rangkaian dari HAUL Ponpes yang dipimpin TGH. Suparlan Ahmad itu.

Selain itu, hadir Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB, H. Ahsanul Khalik mewakili Gubernur NTB, dimana sangat mengapresiasi keberadaan Ponpes tersebut yang telah 29 tahun mendukung upaya pemerintah memajukan sumber daya manusia di daerah Lotim.

"Ponpes adalah lembaga yang dapat mewujudkan generasi paripurna, generasi yang berjiwa besar," terangnya.

Ahsanul Khalik juga menyampaikan kepada para pendidik, Ia menekankan agar tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga transfer nilai yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Aspek pengetahuan haruslah didasarkan kepada nilai-nilai mulia," pungkasnya.

Hadiri juga pada perayaan anak Hultah ke 87 itu, sejumlah pimpinan Ponpes, dan tokoh agama, tokoh masyarakat dan para jamaah NW diseputaran kecamatan Montong Gading.

Di acara itu juga dilangsungkan pemberian penghargaan kepada Ponpes Ulil Albab, sebagai pondok pesantren terbaik pertama di Kawasan Timur Indonesia oleh Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan NTB. 

BI memberikan penghargaan itu karena Ponpes Ulil Albab, dianggap memenuhi kriteria, diantaranya pengelolaan ponpes berjalan dengan baik, digititalisasi pengelolaan keuangan, komitmen pesantren dalam mengembangkan masyarakat sekitarnya, peningkatan soft skill dan wawasan santri dalam potensi pengambangan  usaha syariah. (RS/Ja)