Daftar Isi [Tampil]


LOMBOK TIMUR
,Radarselaparang.com - Pembukaan Program Kegiatan Pengabdian Mahasiswa (PKPM) Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Ekonomi FKIP UNW Mataram sukses di gelar.

Dalam Kesempatan itu 30 Mahasiswa diserahkan Oleh Civitas Akademik kepada Pemerintah Desa Pengkelak Mas yang diterima langsung oleh Sekdes Pengkelak Mas, pada hari Rabu (24/08/22).

Hadir dalam kesempatan itu Sekdes Pengkelak Mas, Kasi Kesra Pengkelak Mas, Perwakilan Akademik UNW Mataram, Coordinator BEM UNW Mataram, Mahasiswa dan Aparat Pemerintah Desa Pengkelak Mas Kecamatan Sakra Barat.

Ketua HMPS Pendidikan Ekonomi Muhamad Gufron saat memberikan sambutannya Menyampaikan, PKPM yang diselenggarakan tahun ini adalah kali ke 4. Menurutnya PKPM sebagai giat pengabdian untuk memperkenalkan Mahasiswa dengan kehidupan sosial, sebelum nantinya melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

"Giat PKPM ini kami laksanakan selama 20 hari kedepan, ini untuk mengenalkan mahasiswa dengan kehidupan sosial masyarakat sebelum KKN," ucapnya.

Selanjutnya Koordinator Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNW Mataram "Tedi Rizal Hartawan" Berharap, Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi harus bisa menginisiasi pergerakan Ekonomi Masyarakat. Melalui Giat Pengabdian tersebut, Tedi menyarankan agar disisipkan satu program yang mengarah pada pemberdayaan ekonomi kreatif.

"Mahasiswa Pendididikan Ekonomi, selain melaksanakan program keagamaan, juga harus ada program pemberdayaan ekonomi, sebagai aplikasi keilmuannya," pungkas Tedi.

Mewakili Civitas Akademik UNW Mataram, Hasan Basri menyerahkan 30 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi, untuk melalsanakan Pengabdian di Desa Pengkelak Mas.


Dikesempatan yang sama, Hasan Basri menyampaikan, momentum pengabdian itu dijadikan sebagai sosialisai kampus. Menurutnya Mahasiswa adalah brosur berjalan, yang menjadi contoh bagi masyarakat disekelilingnya.

"Mahasiswa adalah brosur berjalan bagi kampus, mahasiswa harus berusaha menjadi contoh ditengah-tengah masyarakat," tandasnya.

Lebih lanjut, Hasan Basri menegaskan, Mahasiwa harus menjadi garda terdepan perubahan tatanan peradaban sosial. Menurut dirinya banyak sekali isu sosial yang harus dilirik oleh Mahasiswa, dan ikut terlibat sebagai inisiator penyelesaian kasus-kasus tersebut.

"Jangan stag pada satu bentuk program, kehadiran Mahasiswa ditengah-tengah masyarakat juga kita harapkan bisa menginisiasi penyelesaian kasus-kasus sosial yang menjadi isu Nasional," tambahnya.

Diakhir acara Sekdes Pengkelak Mas mengucapkan terima kasih dan menerima 30 Mahasiswa yang diserahkan pihak UNW Mataram. 

"Saya mewakili Kepala Desa mengucapkan terima kasih banyak telah diberi kepercayaan, dengan senang hati kami menerima Mahasiswa UNW Mataram untuk melaksanakan program Pengabdian di desa Kami," pungkasnya. (RS/HB)