Daftar Isi [Tampil]

MATARAM, Radarselaparang.com - Pascasarjana UIN Mataram, Jurusan Magister Manajemen Pendidikan Islam (S2 MPI) berkolaborasi dengan Perkumpulan Prodi Manajemen Pendidikan Islam (PPMPI) Indonesia menggelar Seminar Nasional. Jum’at, (19/8/2022), bertempat di Hotel Aruna Senggigi Resort and Convention Jl. Raya Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. 

Peserta seminar nasional itu dihadiri para akademisi program studi MPI seluruh Indonesia dan S2 MPI Pascasarjana UIN Mataram baik dosen maupun mahasiswa, dengan tema “Peran Kepemimpinan dalam Penguatan Mutu Perguruan Tinggi di Era Masyarakat 5.0”, berhasil merebut perhatian peserta dengan jumlah hampir 150 peserta yang terdiri dari para kaprodi dan sekprodi MPI, dosen, serta mahasiswa.  

Kegiatan ini menghadirkan pembicara yaitu Prof. Dr. H. Muchlas Samani. MPd. (Ketua Umum LAMDIK), Prof. Dr. H. Adi Fadli. MAg (Wakil Rektor I UIN Mataram), Prof. Dr. TGH. Fahrurrozi, M.A (Direktur Pascasarjana UIN Mataram), Prof. Moh. Abdun Nasir, M.Ag., MA., Ph.D. (Wakil Direktur Pascasarjana UIN Mataram), Dr.H. Aidy Furqon. M.Pd. (Kadis Dikbud NTB), Dr. Sri Rahmi. M.Pd. (Ketua Umum PPMPI), Prof. Dr. KH. Husnurridho, M.Ag., Prof. Dr. Burhanuddin, Prof. Dr. Cecep. dan Dr. Zainal Arif. MSI. (Sekjend PPMPI).

Prof. Dr. TGH. Fahrurrozi, M.A (Direktur Pascasarjana UIN Mataram),
Dr. Yudin Citriadin, M.Pd. yang merupakan Skprodi S2 MPI Pascasarjana UIN Mataram bertindak sebagai ketua panitia dalam laporannya menyampaikan; kegiatan kolaborasi PPMI Indonesia ini merupakan kali pertama dilaksanakan di NTB yang dihadiri oleh pengelola MPI se-Indonesia sebanyak 80 Ketua- Sekretaris Prodi MPI seluruh Indonesia -Aceh sampai Papua. 

"Webinar Nasional Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Pascasarjana tahun 2022, bertujuan meningkatnya wawasan akademik dan keilmuan dosen dan mahasiswa terkait dengan Peran Kepemimpinan dalam Penguatan Mutu Perguruan Tinggi di Era Masyarakat 5.0 melalui pandangan ahli dan pakar manajemen pendidikan Islam," terangnya.

Ketua Umum PPMPI Indonesia Dr. Sri Rahmi. M.Pd., dalam sambutanya menyampaikan, Seminar Nasional ini diadakan secara berkelanjutan setiap tahun. Sehingga kegiatan ini merupakan salah satu program kerja PPMPI Indonesia tahun 2022 yang berkolaborasi dengan S2 MPI Pascasarjana UIN Mataram. 

Menurutnya, kegiatan ini diselenggarakan oleh MPI untuk memberikan bekal pada mahasiswa dan dosen MPI, serta untuk menjawab kebutuhan masyarakat tentang Peran Kepemimpinan dalam Penguatan Mutu Perguruan Tinggi di Era Masyarakat 5.0. "Seminar Nasional ini juga sebagai bentuk tindaklanjuti dari MoA alias Perjanjian Kerjasama dari beberapa perguruan tinggi terutama PTKIN/PTKIS se-Indonesia," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Rektor UIN Mataram, diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Prof. Dr. H. Adi Fadli. M.Ag. Juga di daulat membuka acara tersebut dalam sambutannya menyampaikan bangga atas pelaksanaan kegiatan Seminar Nasional kolaborasi S2 MPI Pascasarjana UIN Mataram dengan PPMPI Indonesia.

Ia juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada narasumber dan berharap dapat memberikan pencerahan dan motivasi kepada para dosen dan mahasiswa MPI. Tentunya Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Mataram menjadikan pertemuan ini sebagai peluang untuk memperlebar dan memperluas jalinan kerja sama dengan Beberapa Jurusan MPI dan Universitas yang ada di seluruh Indonesia.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya  secara resmi  membuka kegiatan seminar nasional," WR 1 membuka acara seraya dibarengi tepuk tangan peserta seminar.


Kegiatan Seminar Nasional juga disertai dengan berbagai kegiatan Temu Tahunan PPMPI ke-9 yang diikuti dengan sangat antusias. Sehingga kaya dengan materi antara lain materi tentang Peran Kepemimpinan Pendidikan Islam disampaikan Dr.H. Aidy Furqon. M.Pd. (Kadis Dikbud NTB), materi Penguatan Mutu Perguruan Tinggi di Era Masyarakat 5.0 dipaparkan oleh Prof. Dr. H. Muchlas Samani, M.Pd (Ketua Umum Lamdik) dan materi Panduan Kurikulum MBKM Prodi MPI oleh Dr. Sri Rahmi, M.A. (Ketua Umum PPMPI).

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penanda tanganan kerjasama. "semoga dengan adanya Penandatangan naskah Kerjasama yang dilaksanakan menjadi penguat jalinan Kerjasama dan penyambung tali silaturahmi antar sesama Jurusan Manajemen Pendidikan Islam," pungkas Yudi, ketua panitia. (RS/arjuna)