Daftar Isi [Tampil]


LOMBOKTIMUR,Radarselaparang.com - Dalam rangka persiapan program tahunan, Kemah Silaturahmi dan Lomba Penjelajahan Penggalang - Penegak (KSLP3) Ke-XI Se-Bali Nusa Tenggara. Gerakan Pramuka Satuan Komunitas (SAKO) Syaikh Zainuddin NW gelar Perkemahan Kamis-Jum'at (PERKAJUM), berlangsung pada hari kamis dan jum'at (04-05/08) , bertempat di SMA NW Anjani, bersama seluruh Anggota Gerakan Pramuka di Lingkungan Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani - Lombok Timur. 

KSLP3 merupakan kegiatan silaturahmi dan lomba antar pramuka tingkat Siaga (SD/MI), tingkat Penggalang (SMP/MTs), dan tingkat Penegak (SMA/MA/SMK) yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka SAKO Syaikh Zainuddin NW setiap tahunnya. Kegiatan ini sendiri sudah memasuki kali ke sebelas pelaksanaannya, yang sebelumnya KSLP3 ke-X dilaksanakan pada tahun 2019 lalu. Dua tahun terakhir kegiatan tersebut tidak bisa terlaksana karena terkendala pandemi COVID-19. 

Hadir dalam acara tersebut Habiburrahman (Pengurus SAKO Syaikh Zainuddin NW), Turmawazi (Ketua Purna Racana Syaikh Zainuddin NW), Purna Racana, Panitia KSLP3 Ke-XI Se-Bali Nusa Tenggara yang berasal dari kalangan Racana Syaikh Zainuddin NW, dan seluruh Ambalan Se-Pontren Syaikh Zainuddin NW.

Dalam sambutannya Habiburrahman,S.PdI. selaku Ketua Pengurus SAKO Syaikh Zainuddin NW mengungkapkan, PERKAJUM tersebut diselenggarakan dalam rangka persiapan kegiatan tahunan Gerakan Pramuka SAKO Syaikh Zainuddin NW, utamanya untuk penguatan komitmen panitia dan pemerataan informasi terkait pelaksanaan KSLP3. "Kegiatan kita selalu ditunggu-tunggu dan dipertanyakan oleh peserta. Sehingga perlu adanya persiapan yang matang dari panitia agar kita bisa terus menjaga kualitas dan nama baik SAKO, terutama nama baik Pondok Pesantren," tegasnya.

Lebih lanjut Habib menyampaikan bahwa "Kegiatan KSLP3 ini banyak diminati oleh Anggota Gerakan Pramuka diluar pulau, seperti dari Bali, Kalimantan, Sulawesi bahkan dari pulau Jawa. Mereka meminta untuk kita memperluas ruang lingkup pelaksanaan. Kalau bisa diadakan se-Nusantara." Paparnya.

Kegiatan KSLP3 dilaksanakan dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan, baik dari segi kapasitas peserta maupun dari cakupan pelaksanaannya dimulai dari cakupan se-lombok timur sampai se-Nusa Tenggara Barat, dan tahun ini rencananya akan ditingkatkan lagi menjadi se-Bali Nusa Tenggara. 

Kegiatan KSLP3 dijadikan sebagai momen yang ditunggu pelaksanaannya oleh seluruh Anggota Gerakan Pramuka di Nusa Tenggara Barat. Tidak tanggung-tanggung kegiatan tersebut sangat dinantikan dan banyak diminati oleh Anggota Gerakan Pramuka yang berada diluar NTB, dimulai dari pulau Bali sampai bahkan dari pulau Jawa.

Habib menegaskan bahwa kegiatan KSLP3 akan terus ditingkatkan dengan cara bertahap. Yang sebelumnya dilaksanakan se-NTB kemudian diperluas menjadi se-Bali Nusra, dan jika memungkinkan akan diadakan se-Nusantara. Ia juga berharap KSLP3 tahun ini lebih meriah dari sebelumnya. Mengingat perluasan dari kegiatan tersebut mencakup se-Bali Nusra, maka kapasitas peserta akan terus bertambah. 

"Kita berharap KSLP3 tahun ini lebih meriah dari sebelumnya, dengan cakupan wilayah yang lebih luas akan membuka peluang semakin banyaknya peserta. Seperti tahun-tahun sebelumnya peserta KS hampir mencapai 5 ribuan," tutupnya. (RS/Awi)