Daftar Isi [Tampil]

LOMBOKTIMUR,
Radarselaparang.com - Polres Lombok Timur akan menerjunkan 450 personil untuk melakukan pengamanan saat peringatan Hari Ulang Tahun (Hultah) ke-87 Madrasah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI).

Nadhlatul Wathan (NW) adalah organsasi kemasyarakatan terbesar di NTB yang didirikan Almagfurulah Maulana Syaikh TGKH M Zainuddin Abdul Madjid (sang Pahlawan Nasional asal NTB) yang bergerak di bidang pendidikan, sosial dan dakwah.

Tentunya jama'ah yang hadir pada acara Hultah nantinya akan membeludak, dan itulah yang diantisipasi oleh aparat kepolisian.

Kapolres melalui Kapolsek Suralaga IPDA Bambang Supriyanto mengatakan, untuk pengamanan Hultah Ke-87 Madrasah NWDI di Anjani ini di support full oleh Polres Lombok Timur, sejak tanggal 14 kemarin kami sudah menyiapkan pasukan gabungan, setiap hari dan malam harinya, personil yang diterjunkan sebanyak 50 orang.

"Sedangkan hari ini 200 personil, Khusus untuk besok dan hari 'H' Polres Lombok Timur menurunkan 450 personil untuk ditempatkan setiap titik yang sudah ditentukan tentukan oleh panitia, berlum termasuk dari unsur TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, Pasukan Inti Barisan Hizbullah NW dan Pramuka Sako Syaikh Zainuddin," kata Kapolsek Suralaga IPDA Bambang Supriyanto di Anjani, Jum'at, (19/08).

"Pengamanan dimaksudkan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang datang untuk mengikuti pengajian Akbar Hultah Ke-87 Madrasah NWDI yang dihadiri belasan ribu santri dan jamaah NW yang datang dari pelosok dusun dan desa di Pulau Lombok, bahkan dari luar daerah." katanya.

Ia mengatakan, untuk pengamanan Hultah Ke-87 Madrasah NWDI tersebut akan dibangun pos di beberapa titik terutama untuk pengaturan arus lalu lintas guna mencegah kemungkinan terjadinya kemacetan arus lalulintas.

"Dalam kaitan itu kami melakukan koordinasi dengan panitia penyelenggara Hultah Ke-87 Madrasah NWDI di Anjani, terutama lokasi-lokasi mana yang menjadi prioritas pengamanan karena yang akan hadir pada acara tahunan itu tidak saja jamaah NW yang ada di NTB, tetapi juga para tamu yang berasal dari luar daerah dan luar negeri," katanya.

Bambang mengatakan, pihaknya akan melaksanakan dengan sebaik-baiknya baik untuk tamu penting maupun jamaah NW.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, untuk mencegah terjadinya kemacetan arus lalu lintas pada Hultah Ke-87 Madrasah NWDI di Anjani nantinya, pihaknya akan menggunakan jalur alternatif bagi pengendara baik itu Bus, truk, dan lainnya yang datang dari labuan lombok diarahkan melalui jalan koarleko, sedangkan yang datang dari mataram dialihkan melalui jalur masbagik pancor dan atau jalur masbagik pringgasela - lenek.

"Karena itu kami mengimbau para pengguna jalan maupun pemilik kendaraan, terutama terkait dengan pengalihan arus lalulintas pada Hultah Ke-87 Madrasah NWDI di Anjani memberikan kenyamanan dan keamanan bersama," Tutupnya. (RS/MF)