Daftar Isi [Tampil]

LOMBOKTIMUR,Radarselaparang.com-Ribuan thullab dan tholibat baru Ma'had Darul Qur'an Wal Hadits Al-Majidiyyah As-Syafi'iyyah Nahdlatul Wathan membanjiri komplek Majelis Dakwah Hamzanwadi II Anjani-Lombok Timur guna melakukan cukuran massal, Sabtu, (13/08).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Guru Besar Madrasah Asshaulatiyah Al-Allamah As-Syaikh Abu Abdillah Musthofa Muzayyan At-Tilim Tsani, Dewan Mustasyar yang di ketuai oleh Ummuna Hj. Siti Raihanun ZAM, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Wathan (PBNW) TGKH Muhammad Zainuddin Ats-Tsani, Para Massyaikhul Ma'had dan jajaran organisasi dari tingkat Pusat sampai ranting, Semua Badan Otonom (Banom) dan lembaga-lembaga dibawah naungan organisasi NW, ribuan thullab dan tholibat MDQH NW Anjani Lombok Timur.

Satu persatu para thullab dan thollibat baru berjalan dihadapan Guru Besar Madrasah Asshaulatiyah Al-Allamah As-Syaikh Abu Abdillah Musthofa Muzayyan At-Tilim Tsani dan barisan para Massyaikhul Ma'had untuk kemudian di cukur satu persatu bagi yang thullab serta di "Getuk" kepalanya bagi yang tholibat.

Kegiatan tersebut menjadi rutinitas tahunan guna menyambut thullab baru MDQH NW di Anjani-Lombok Timur sebelum melakukan serah terima dalam kegiatan Ad-Dzikrol Hauliyah.

Cukuran massal tersebut, sudah menjadi warisan sunnatan hasanatan semenjak dari masa Almaghfurullah Maulanassyaikh TGKH M Zainuddin Abdul Madjid, sang pendiri dan Pahlawan Nasional asal NTB, bagi setiap thullab dan tholibat yang baru masuk.

Dalam kesempatan itu, Wakil Amid MDQH NW TGH Zaini Abdul Hanan Lc M PdI, menyampaikan bahwa thullab/tholibat yang sudah ikut ujian akhir atau yang tamat Tahun Dirosah 1442-1443 H / 2021-2022 M. Sebanyak 1332 orang dengan rincian banin 541 orang dan banat 791 orang.

"Adapun peserta cukuran massal diikuti oleh seluruh thullab dan tholibat baru yang sudah mendaftarkan diri dan melengkapi administrasi lengkap di kampus Ma'had. Tahun Dirosah 1443-1444 H / 2022/2023 M untuk gelombang pertama sebanyak 1956 orang dengan rincian banin 1008 orang dan banat 946 orang. Jumlah ini akan terus bertambah pada gelombang kedua," ucapnya.

Lebih lanjut TGH Zaini panggilan akrabnya mengatakan, "calon Mutaharrijin/Mutaharrijat sebanyak 1332 orang akan diumumkan thullab yang berprestasi 25 besar banin dan 25 besar banat, serta yang sudah khatam Al-Qur'an 30 Juz sebanyak 105 orang, dari 105 orang 9 orang akan dipanggil besok pada acara Ad-Dzikrol Hauliyah MDQH NW Ke-57, untuk diberikan Do'a dan kenang-kenangan," tegasnya.

Dipenghujung acara, Ketua Umum PBNW sekaligus Amidul Ma'had Darul Qur'an Wal Hadits Al-Majidiyyah As-Syafi'iyyah Nahdlatul Wathan TGKH Lalu Gede Muhammad Zainuddin Ats-Tsani, membai'at para calon Mutaharrijin / Mutaharrijat sebanyak 1332 orang yang sudah terdaftar sebagai anggota baru Barisan Hizbullah NW. 

Diakhir acara sebelum jamaah bubar sesuai dengan tradisi Nahdlatul Wathan acara pengajian ditutup dengan pembacaan doa Pusaka yang di pimpin oleh Pengurus Wilayah NW, TGH Lalu Gede Muhammad Khairul Fatihin, QH., S.Kom.I., MM. dan Do'a oleh Guru Besar Madrasah Asshaulatiyah Al-Allamah As-Syaikh Abu Abdillah Musthofa Muzayyan At-Tilim Tsani. (RS)