Daftar Isi [Tampil]

LOMBOKTIMUR,Radarselaparang.com - Tim Asesor Badan Akreditasi sekolah/madrasah melakukan visitasi di Raudlatul Athfal (RA) Nurul Huda Gegurun Desa Tumbuh Mulia Kec. Suralaga-Lombok Timur, Kamis (18/08). 

RA Nurul Huda Gegurun, merupakan merupakan Raudlatul Athfal yang kedua divisitasi di kabupaten Lombok Timur pada tahun 2022.

Tim Asesor Supardan dan Zulhakim, S.Km,. MM tiba di lingkungan RA Nurul Huda Gegurun disambut oleh seluruh warga Yayasan Nurul Huda Gegurun, pengurus yayasan, Sekdes Desa Tumbuh Mulia, ustad-ustadzah dan seluruh santri yang bernaung di bawah naungan Yayasan Nurul Huda Gegurun. Semua tingkatan berbaur menyatu dalam kebersamaan.

Kegiatan diawali dengan acara pembukaan. Ketua Yayasan Nurul Huda Gegurun sekaligus sebagai Sekdes Desa Tumbuh Mulia, Muh Abdaluddin, SE dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada TIM Asesor yang akan melakukan visitasi di RA Nurul Huda Gegurun salah satu lembaga di bawah naungan Yayasan Nurul Huda Gegurun.

Abdaluddin juga menyampaikan bahwa semua pihak telah menunjukkan kerja sama yang baik dalam proses visitasi akreditasi.

“Segala apa yang dilaksanakan di lembaga ini, semua terlibat bekerjasama dalam berbagai hal tanpa melihat tingkatan yang ada”.Ungkapnya

Pada kesempatan yang sama Tim Asesor Zulhakim menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan seluruh civitas di Yayasan Nurul Huda Gegurun, dan tumben selama kegiatan visitasi Madrasah/RA kami disambut dan di acarakan seperti ini.

"visitasi yang dilakukan dengan mengunjungi RA Nurul Huda Gegurun dilakukan oleh asesor untuk melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi data serta informasi yang telah disampaikan oleh sekolah/madrasah melalui pengisian instrumen akreditasi yang telah diupload di aplikasi sispena" urai Zulhakim

"Kegiatan visitasi ini dilakukan dalam rangka pembinaan, pengembangan, dan peningkatan mutu sekolah/madrasah" tambahnya.

Proses visitasi merupakan rangkaian pelaksanaan akreditasi yang melekat dengan fungsi evaluasi diri. 

Asesor menemui Kepala RA, Tim Akreditasi, serta warga lembaga untuk menyampaikan tujuan visitasi. Kemudian asesor membandingkan data instrumen evaluasi diri yang sudah di upload di sispena dengan kondisi nyata sekolah melalui pengamatan, observasi kelas, wawancara, dan pencermatan ulang data pendukung serta pendalaman hal-hal khusus yang berkaitan dengan komponen dan aspek akreditasi.


Tim asesor didampingi Kepala RA Nurul Huda Gegurun, Alya Puji Ayu, S.Pd dan panitia , melakukan observasi kelas dengan melakukan penilaian apakah guru sudah menerapkan proses kegiatan belajar mengajar sesuai dengan perangkat pembelajaran yang telah dibuat. Selanjutnya, tim asesor melakukan pengamatan, wawancara, verifikasi dan validasi data ke perpustakaan serta sarana pendukung lainnya.

Pada kegiatan Akhir Tim Asesor Zulhakim menyampaikan ucapan terimah kasih kepada seluruh guru dan panitia atas kerjasama dan kekompakan dalam menyiapkan dokumen yang diminta oleh Asesor. 

Pada kesempatan yang sama Kepala RA Nurul Huda Gegurun, Alya Puji Ayu mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan arahan dari Tim Asesor kaitannya dalam hal perbaikan dan pengembangan lembaga RA Nurul Huda Gegurun kedepan. (RS).