Daftar Isi [Tampil]


LOMBOKTIMUR
,Radarselaparang.com - Warga Negara (WN) kelahiran Israel kebangsaan Portugis , Boaz Bar Anam, dilaporkan meninggal dalam perjalanan pendakian di Gunung Ranjani, Jumat (19/8)

tepatnya di lereng bagian selatan, arah menuju Danau Segara Anak.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Sembalun, Iptu Lalu Panca Warsa membenarkan kejadian itu dari laporan trekking organize (TO) yang ada di Sembalun.

"Kami mendapat laporan dari TO, kliennya, Boaz Bar Anam, WNA Israel,  sekitar pukul 05.30 Wita, jatuh di lokasi puncak Rinjani," terangnya.

Berdasarkan informasi yang didapat dari TO, lokasi korban jatuh berada pada lereng bagian selatan adah Danau Segara Anak.

"Jarak korban jatuh kisaran 150 meter dan korban diperkirakan meninggal dunia. Dua tamu lain dibawa turun oleh guide," paparnya.

Pihak Polsek Sembalun saat ini sedang berkoordinasi untuk membantu mengevakuasi korban.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Dedy Asriady saat dihubungi menyamoaikan peristiwa tersebut berdasarkan laporan dari Kapolsek TNGR Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Ia mengatakan terkait penanganan korban, Tim Satuan Tugas Penanganan Pencarian, Pertolongan dan Evakuasi (P2E) TNGR berkomunikasi dengan Unit Pencarian dan Pertolongan (SAR) Lombok Timur, dan SAR Mataram serta Tim Edelweis Medical Health Center (EMHC) serta tim Inafis Kepolisian Resor Lombok Timur.

Pukul 10.15 WITA,  tim EMHC dan tim Resort TNGR Sembalun melakukan pesiapan evakuasi sebagai tim pendahuluan, dan akan bergabung Tim SAR.

"Kami sudah tetapkan posko evakuasi sementara di kantor Resort TNGR Sembalun," pungkasnya (RS/ulya)