Daftar Isi [Tampil]

Dalam Rangka Ulang Tahun Karang Taruna (Karta) ke 62 di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) bidang informasi dan teknologi menyelenggarakan kegiatan yang diberi nama DigiTalk. Ahad, (11/9/2022).
LOMBOK TIMUR, Radarselaparang.com - Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Karang Taruna (Karta) ke 62 di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) bidang informasi dan teknologi menyelenggarakan kegiatan yang diberi nama DigiTalk. 

Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan sebanyak 5 kali. Untuk seri pertama digelar di desa kumbang Kecamatan Masbagik, bekerjasama dengan karang taruna maju bersama Desa kumbang.

Digital series satu ini dilaksanakan di aula Desa kumbang dengan menghadirkan ibu-ibu dan rekan rekan Pemuda pelaku UMKM di desa kumbang. Ahad, (11/9/2022).

Kegiatan itu dibuka Sekretaris Desa, Hamdi mewakili Kepala Desa kumbang, Ia mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh karang taruna ini. menurutnya kegiatan ini merupakan langkah konkret yang dilakukan oleh pemuda dengan inovasinya untuk memajukan UMKM di desa kumbang. 

Hamdi berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini pelaku UMKM yang ada di desa kumbang mulai bangkit kembali untuk lebih produktif dengan memanfaatkan kehadiran dunia digital untuk semakin menemukan pasar yang lebih luas.

"Kami berharap karang taruna terus bersinergi dengan semua kalangan untuk berinovasi menghadirkan energi baru bagi kemajuan Desa kumbang tentu Pemerintah desa akan terus mendukung selama kegiatan itu berdampak positif bagi pembangunan desa," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Izan Sani selaku ketua karang taruna maju bersama, mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh pemerintah desa sejak ia dilantik sampai dengan hari ini. 

Izan berharap agar pemerintah Desa dan karang taruna terus bergandengan tangan untuk membuat membuka ruang-ruang kolaborasi agar dapat mencapai visi misi bersama memajukan Desa kumbang.

"mengajak semua rekan-rekan pemuda Desa kumbang untuk terus bergerak menciptakan program-program produktif karena majunya Pemuda akan memberikan kemajuan bagi desa dan untuk Indonesia," tutupnya.

Kegiatan di till talk series 1 (satu) ini menghadirkan dua orang pemateri pemateri pertama yaitu Abdul Khalik, S.Kom., MTV dan pemateri kedua yaitu Muhammad Zainul Hadi Wiratama, S.Pd.I. 

Abdul Khalik selaku pemateri materi tentang Digital marketing, menyampaikan bahwa dirinya berkomitmen untuk terus melakukan sharing ilmu pengetahuan dan pengalaman tentang Digital marketing.

Halik menambahkan, semangat yang dibangun oleh rekan-rekan karang taruna harus dapat dirawat dengan baik untuk menciptakan kesetiakawanan sosial untuk membangkitkan perekonomian Indonesia mencapai kesejahteraan. Dirinya berharap UMKM yang ada di Lombok Timur terus belajar untuk menemukan inovasi-inovasi baru terutama dengan hadirnya digitalisasi era saat ini untuk dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memajukan usahanya yang tentu akan berdampak pada IPM Kabupaten Lombok Timur.

"di era revolusi industri 5.0 jika suatu organisasi atau usaha ingin maju maka mereka harus terbuka dengan ruang-ruang kolaborasi bersama dengan organisasi lain untuk dapat saling berbagi dan memberi manfaat silang," jelasnya.

Lebih lanjut, Khalik yang juga selaku Ketua Pemuda NW Masbagik itu, berharap di masa depan akan banyak organisasi kepemudaan membuka kerjasama dengan karang taruna Kabupaten Lombok Timur sembari iya menjelaskan bahwa hal serupa akan dilaksanakan di desa dan juga Kecamatan lain di Kabupaten Lombok Timur dalam DigiTalk series selanjutnya.

Sementara itu, Wira menyampaikan materi tentang pentingnya untuk memahami personal branding bagi pelaku UMKM untuk dapat tembus pasar nasional hingga pasar internasional dengan memperhatikan desain produk atau packaging dari yang mereka tawarkan ke konsumen. 

"Kami akan berusaha membantu untuk memajukan UMKM dengan keilmuan yang tiang miliki, terutama dalam bidang desain grafis," pungkasnya.

Sebelum membubarkan diri para peserta dan panitia serta pemateri menyempatkan diri untuk berfoto sebagai kenang-kenangan untuk dapat diingat di masa yang akan datang. (RS/AH)