Daftar Isi [Tampil]

Musyawarah Wilayah Nadlatul Wathan Ke VI Provinsi Kalimantan Timur, di Ruang Serbaguna Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda. Ahad (25/9/2022)
KALIMANTAN TIMUR, Radarselaparang.com - Gubernur Kalimantan Timur, Dr H Isran Noor, menghadiri sekaligus membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) ke VI Nahdlatul Wathan (NW) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bertempat di Ruang Serbaguna Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda. Ahad (25/9/2022)

Muswil Ke VI, dengan  tema "Nahdlatul Wathan Siap Bersinergi Mewujudkan Kalimantan Timur yang Kuat, Berdaulat, demi Kesejahteraan Rakyat." Hadir dalam cara tersebut, Rais Am PB NW Ummuna Hj. Sitti Raihanun Zainuddin Abdul Madjid, Ketua Umum PB NW TGKH. Lalu Gede Muhammad Zainuddin Attsani, Gubernur Kalimantan Timur, Sekjend PB NW. Dewan Mustasyar PB NW, Forkompinda Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam laporannya, Ustaz Ahmad Zainuddin. QH. MPd, selaku ketua panitia Menyampaikan Ucapan Terima kepada seluruh pengurus wilayah NW Kaltim Seluruh PD NW se-Kaltim, PC NW se-Kaltim, Muslimat NW, Badan Otonom NW, Lembaga NW. atas kerjasama yang baik dan penuh keikhlasan.

"Dalam Muswil VI nantinya kita akan memilih ketua Pengurus wilayah NW Kaltim, dan kami mohon bapak gubernur nantinya membuka acara ini," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua umum PBNW Maulana Syaikh TGKH Muhammad Zainuddin At Tsani, memberikan memberikan nasihat dan semangat perjuangan kepada seluruh pejuang dan kader Perjuangan Nahdlatul Wathan. 

"Kita dipersatukan dalam perjuangan NW, kita dipersaudarakan dalam satu tarikan nafas Perjuangan. Perjuangan melanjutkan amanah Maha Guru Besar Nahdlatul Wathan, Pendiri NW Maulanassyaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid al-Anfanany," ucapnya.

Lebih lanjut PBNW, menyampaikan agar tetap dalam semangat ukhuwwah Nahdiyyah, Ukhuwwah Wathoniyyah, Ukhuwwah Islamiyyah, yang menjadi ruh Perjuangan NW dan tetap sami'na waatho'na dalam khittah NW.

"Selamat bermuswil, semoga berkah dan siapapun yang terpilih nanti secara demokratis dan musyawarah mufakat. Itulah yang terbaik dan terdepan dalam memajukan NW secara kolektif dan kolegial," tutupnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Kalimantan Timur, Dr H Isran Noor, yang di daulat untuk membuka acara Muswil Provinsi Kaltim, menyampaikan bahwa NW di Kaltim terus menerus berkomitmen untuk memberikan perkhidmatan kepada ummat. NW hadir memberikan warna kedamaian dan warna keummatan yang bagus dan tepat sebagai wadah perajut dan perekat kebangsaan. 

"Saya salut sama NW., Saya terkesima dengan Mars NW, yang sekilas saya memahami pemikiran MAULANA SYAIKH," ungkapnya

Gubernur Isran, Lebih lanjut menyampaikan Pendiri NW yang kemudian diberikan gelar pahlawan Nasional oleh negara karena pemikiran beliau yang mencakup tiga hal Pemikiran Kebangsaan, Pemikiran Keummatan, dan Pemikiran keislaman. Dimana dengan Pemikiran-pemikiran itu bermuara dalam satu tujuan yaitu keharmonisan dan kedamaian. Meski kita berbeda, ber-bhinneka tapi tetap NKRI. tetap dalam bingkai Ketuhanan Yang Maha Esa.

"Dengan memohon Ridha Allah sembari membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, Musyawarah Wilayah NW VI, Provinsi Kalimantan Timur secara resmi saya buka," pungkasnya, seraya dibarengi dengan tepuk tangan Perseta Muswil dan Tamun undangan.


Agenda Muswil, dilanjutkan oleh panitia muswil sesuai tata tertib dan AD/ART NW. Berlangsung pemilihan pimpinan sidang dan perangkat sidang muswil. Dimana terpilih sebagai ketua sidang, Ust.Dr. Husnul MPd, dengan unsur PW, PD. PC NW se-Kaltim. Tata tertib disahkan, pertanggungjawaban ketua lama, pengesahan tatib pemilihan ketua PW NW Kaltim priode 2022-2027. 

Pemilihan dilakukan secara demokratis, dimana ada dua calon sebagai ketua PW NW Kaltim, yakni Ust. H. Muhammad Yaqub. QH. S.Pd. dan Ust. Ahmad Zainuddin. QH., MPd, dengan hasil Suara masing-masing, Ust. H. M.Yaqub, mendapat suara sebanyak 12 suara dan Ust.Ahmad Zainuddin, memperoleh 16 suara.

Maka dengan demikian yang terpilih sebagai ketua seharusnya ust Ust Ahmad Zainuddin, namun sebagai takzim seorang murid kepada guru, Ia menyerahkan pucuk pimpinan Ketua PW NW pada  TGH. Muhammad Yakub, dengan Sekretaris PW NW Kaltim di jabat oleh Ust. Ahmad Zainuddin. (RS/Ayum)

Kontributor : Sayum

Wakil Sekretaris Panitia Muswil VI NW Kaltim