Daftar Isi [Tampil]

Rapat Karang Taruna Ijobalit Bersatu, dalam rangka mencanangkan kegiatan Even Green Summer, Jumat (30/9/2022)
 LOMBOK TIMUR, Radarselaparang.com - Karang Taruna Ijobalit  Bersatu, dalam upaya membangkitkan kembali budaya yang ada di Ijobalit Makmur, kecamatan Labuhan Haji, Rancang Festival Green Summer, Jumat (30/2022)

Rodi, ketua karang taruna Ijobalit bersatu menyampaikan pada saat rapat sudah koordinasi dengan semua tokoh yang ada di ijobalit terkait dengan rencana tersebut.

"Festival Green Summer yang kami canangkan itu dengan tema Nteh ta Tulak Malik, dengan maksud memperkenalkan budaya ijo balit yang mulai hilang dengan menggaungkan kembali dengan harapan dikenal oleh masyarakat luas," ucapnya.

Lebih lanjut, Rodi, menyampaikan dengan even ini pihaknya sudah mulai mengkonsultasikan dengan beberapa  penggiat budaya dan Karta Lombok Timur.

"Dalam even green Summer nanti kami akan mempertunjukan beberapa budaya asli Ijobalit seperti mandik penganten dan Bewacan," paparnya.

Ditandaskan Rodi, even Green Summer yang dicanangkan untuk memperkenalkan adat budaya desa Ijobalit yang unik mulai dari dialek KLU yang masih mengakar, dan untuk menggaungkan itu kembali, rencana akan mendatangkan ahli dari kantor bahasa NTB.

"Mudahan rencana kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar sesuai rencana nanti pada bulan November mendatang," tandasnya.

Hariawan, ketua pemuda Ijobalit menyampaikan harapannya akan dukungan dari berbagai pihak dan kalangan untuk mensukseskan even green Summer itu.

"Kami terbuka bagi semua pihak terutama dukungan dari pemerintah daerah dan semua kalangan, dengan mendukung kegiatan kesuksesan even ini," harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Suhaedi salah satu tokoh masyarakat Ijobalit, sangat mengapresiasi kegiatan yang dicanangkan oleh pemuda dan karang taruna ini.

"Ini kegiatan yang sangat positif, bila perlu even green Summer yang dicanangkan ini bisa dimasukkan dalam kalender budaya Lombok Timur," harapnya. (RS/MF)