Daftar Isi [Tampil]

Kondisi rumah dan jalan di desa Tanjung Luar, Kecamatan Keruak pasca diterpa angin Puting Beliung. Ahad (9/10/2022)
LOMBOK TIMUR, Radarselaparang.com - Sebanyak 6 Dusun dari 7 Dusun yang ada di desa Tanjung Luar, Kecamatan Tanjung Luar, di terpa bencana alam berupa angin puting beliung dengan kerusakan rumah mencapai 97 unit. Ahad (9/10/2022)

Dampak dari angin puting beliung tersebut menyebabkan kerusakan atap rumah warga dari rusak berat,rusak sedang dan rusak ringan, dengan pendataan sementara pihak kecamatan sebanyak 97 unit rumah dan korban luka ringan 1 orang atas nama Ijon (60).

Dari data sementara pihak kecamatan dari 7 dusun di desa Tanjung luar, 6 dusun yg terdampak sebanyak 97 unit rumah rusak sebagaian besar rusak atap diterjang angin puting beliung.

Sekitar jam 15.15 Wita terjadi hujan lebat disertai petir, secara tiba-tiba datang angin puting beliung yang menerjang atap rumah penduduk sebagian besar di pesisir pantai.
Satu rumah juga tertimpa pohon tumbang termasuk pohon tumbang di pinggir jalan jurusan SMKN kelautan -pelabuhan kampung baru dan menimpa tiang listrik PLN dan bbbep pohon lainnya di pinggir jalan

Hujan dan  angin puting beliung reda sekitar 15.30 WITA, saat azan ashar dan keadaan mulai komdisip

Untuk saat ini Penanganan dilakukan oleh Pihak Kecamatan langsung ke Lokasi bersama kasi trantib dan satpol PP kecamatan setelah mendapat laporan dari masyarakat.

Masyarakat anggota Orlok terdekat spontanitas membantu warga yang terdampak dibawah koordinasi Pemerintah desa.

Laporan awal ke Bupati dan Sekda serta koordinasi dengan Kapolsek, Danramil, Puskesmas, Pemerintah desa setempat , unsur lainnya. Menghubungi BPBD, Tagana dinas sosial, PLN dan sudah  langsung ke lokasi untuk penanganan bersama.
( Hadir dari Kabupaten : kepala BPBD, kadis sosial, dan pasukannya).

Penebangan pohon tumbang, membantu evakuasi barang warga yg terdampak, penanganan listrik , mengumumkan di masjid agar warga terdampak untuk sementara dapat menginap di rumah tetangga yang tidak terdampak.

Saat ini kebutuhan warga terdampak berupa perbaikan rumah, bantuan sembako, selimut, terpal dan obat-obatan.

Sampai dengan jam laporan ini, listrik masih padam dan sedang dlm penanganan,  situasi aman terkendali. (RS)