Daftar Isi [Tampil]

Suaidi Mahsun, S. Ag., MH. Komisioner Baswaslu Lotim, Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi Pendidikan dan Pelatihan (Koordiv SDM dan OPP), Ketua Pokja Panwascam
LOMBOK TIMUR, Radarselaparang.com - Perpanjangan masa pendaftaran calon pengawas pemilihan umum Kecamatan (panwascam) oleh Pokja Panwascam, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Lombok Timur resmi di tutup, dan setelah ini dilakukan pemeriksaan berkas pendaftar untuk selanjutnya diumumkan sesuai time scidule yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Hal itu disampaikan oleh ketua Pokja Panwascam, Suaidi Mahsun, bahwa penambahan masa pendaftaran sebelumnya dikarenakan jumlah pendaftar perempuan pada tahap pertama tidak memenuhi 30% dari jumlah pendaftar disetiap kecamatan.

"Pada tahap pertama pendaftar di 21 kecamatan mencapai total 728 orang, 2 pendaftar melalui via pos, sehingga tahap pertama jumlahnya 730 pendaftar, sementara Jumlah pendaftar pada masa perpanjangan rekrutmen panwascam di 15 kecamatan sejumlah 83 pendaftar. Sehingga total keseluruhan pendaftar sebanyak 813 pendaftar," terangnya, saat dihubungi media ini via telpon, Sabtu (8/10/2022)

Suaidi menandaskan, Setelah dilakukannya perpanjangan ini, yang walaupun tetap tidak memenuhi 30% jumlah pendaftar perempuan tidak dilakukan perpanjangan lagi, artinya tetap mengikuti timescidule yang sudah ditetapkan. Dimana pengumuman hasil penelitian berkas pendaftaran akan dilakukan pada tanggal 12 Oktober 2022.

"tidak ada perubahan di timescidule tetap kita akan umumkan sesuai jadwal yang ada," tandasnya.

Lebih lanjut dikatakan Suaidi, selaku penanggungjawab pendaftaran calon panwascam. Dimana setelah dilakukan penelitian berkas dan akan mengumumkan hasilnya, selanjutnya yang dinyatakan lulus administrasi tesebut yang berhak untuk mengikuti  Computer Assisted Test (CAT).

"Untuk tempat pelaksanaan kita akan kerjasama dengan SMKN 1 Selong, sementara untuk waktu dan jadwal pelaksanaannya akan kita sampaikan menyusul," terangnya.

Dalam pelaksanaan CAT, soal peserta test disiapkan oleh Bawaslu RI, sehingga pengawasannya langsung melalui server, disamping itu Bawaslu Provinsi akan turun langsung datang mengawasi saat pelaksanaan CAT berlangsung.

"Untuk hasil test CAT, langsung dapat dilihat capaiannya oleh masing - masing oleh peserta CAT, sehingga transparansi dalam perekrutan ini terjamin," pungkasnya (RS/dipa)