Daftar Isi [Tampil]

Tim BAZNAS Lotim saat melakuka  verifikasi dan validasi pencocokan data Mustahik menerima batuan RTLH yang di dampingi Pemerintah Desa dan Polmas Desa Setempat 
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) terus lakukan verifikasi pada Mustahik Penerima program bantuan renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), dimana untuk tahap awal bertempat di wilayah tiga Desa, yakni Desa Jenggik, Rensing, dan Desa Greneng.

Program ini merupakan bantuan renovasi RTLH bagi mustahik yang memiliki kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dasar syarat rumah layak huni.

Hal itu disampaikan oleh Lalu Muhir, S.Ag, Wakil ketua dua bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, saat di konfirmasi mengatakan, setidaknya ada tiga Desa yang telah dilakukan verifikasi dan validasi terhadap RTLH yang akan diberikan bantuan.

" Ia, ada tiga Desa," ujar Lalu Muhir, singkat saat dikonfirmasi melalui WhatsApp, Rabu (19/10/202).

Di tempat berbeda, Sekertaris BAZNAS Lotim, Nurul Hadi menyampaikan bahwa bantuan tersebut akan menyasar kepada masyarakat yang kurang mampu.

"Sejauh ini hasil verifikasi seperti di Desa Jenggik sebanyak 14 rumah mustahik yang akan mendapat bantuan renovasi. Hingga kini verifikasi program renovasi masih terus berjalan. Semoga renovasi ini dapat memberi kenyamanan dan keamanan kepada saudara-saudara kita," jelasnya. 

Ditegaskan, untuk tahun ini ada tiga Desa menjadi titik program rumah layak huni ini, dimana diantaranya Desa Jenggik, Rensing, dan Desa greneng. Tentunya data ini juga bersumber dari Bapeda Provinsi Nusa tenggara Barat (NTB).

"Iya, ini data dari Bapeda Provinsi. Kemudian data kita cocokkan ke pihak Desa terkait, baru kemudian BAZNAS sendiri turun melakukan verifikasi," terang Nurul Hadi.

Lanjut Sekertaris itu, saat ini pihaknya masih dalam tahapan proses pendataan dan survey, dimana menurut Nurul Hadi, pendataan yang dilakukan sangat penting untuk singkronisasi data yang ada dari Bapeda Provinsi.

"Untuk saat ini kita masih mencocokkan data dan hasil verifikasi di bawah, Insya Allah bulan depan kita mulaikan pembangunannya," tukasnya.

Dengan program ini, masyarakat kurang mampu setidaknya bisa memiliki rumah yang layak huni seperti halnya orang lain.

"Kita berharap dengan program ini masyarakat kurang mampu bisa menempati rumah yang layak dan representatif untuk ditempati" Pungkasnya. (RS)