Daftar Isi [Tampil]

Tim siswa MAN 1 Lotim sukses meraih lima medali juara dalam lomba Classic Se - Nusa Tenggara Barat (NTB) yang diselenggarakan di MAN IC Lotim. Selasa (11/10/2022)
LOMBOK TIMUR, Radarselaparang.com - Tiada hari tanpa prestasi, seakan menjadi kalimat yang tepat untuk menggambarkan capaian prestasi siswa dan guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lombok Timur (Lotim) saat ini, karena hampir setiap hari selalu ada raihan prestasi yang dipersembahkan para siswa dan guru pembina. Setelah hari senin, 10 Oktober 2022 kemarin, Tim Paskib MAN 1 Lotim meraih juara umum pada lomba LKBB Paskib.

"Hari ini, tim siswa MAN 1 Lotim sukses meraih lima medali juara dalam lomba Classic Se Nusa Tenggara Barat (NTB) yang diselenggarakan di MAN IC Lotim dan berhasil merebut juara umum serta sukses membawa pulang piala Gubernur NTB," ungkap L. Dedi Mardono, Wakil Kepala Sekolah bagian humas MAN 1 Lotim yang ikut serta mendampingi siswa saat penyerahan piala di MAN IC Lotim. Selasa (11/10/2022)

Atas torehan prestasi yang membanggakan ini, Kepala MAN 1 Lotim, M Nurul Wathoni, M.Pd. menyampaikan apresiasinya. "Ini prestasi yang luar biasa karena anak-anak kami di MAN 1 Lotim telah mampu membuktikan prestasinya di berbagai medan kompetisi baik tingkat Kabupaten, Provinsi, Regional dan Nasional. Ini semua bisa dilakukan karena hidupnya kegiatan ektrakurikuler sebagai ruang bagi guru dan siswa mengembangkan minat bakatnya untuk menjadi prestasi," terangnya.

Lebih jauh, Wathoni menyampaikan bahwa pengembangan minat bakat siswa menjadi program yang harus dilakukan karena kami menyakini bahwa pembinaan siswa melalui pembelajaran dalam kelas tentu belum cukup mampu dalam mengantarkan mereka menjadi siswa yang mandiri dan siap bersaing. Maka pembinaan ektra yang terprogram menjadi jalan lain untuk bisa melengkapi kekurangan pembelajaran dalam kelas. Dan untuk memfasilitasi hal tersebut, maka MAN 1 Lotim diprogramkan 40 an jenis ektrakurikuler yang pembiayaannya dianggarkan dari Biaya Oprasional Sekolah (BOS) Madrasah dan anggaran lainnya.

"Untuk menjaga semangat siswa dan pembina, pihak madrasah selalu memberikan reword berupa uang kepada setiap prestasi yang diraih melalui "Program Tebus Prestasi"  dimana setiap medali juara siswa diberikan reward uang tunai," ungkap Wathoni.

Dari capaian prestasi siswa MAN 1 Lotim ini juga mendapatkan apresiasi dari Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakanmenag) Lotim, Drs H Sirojuddin, MM. Menyampaikan bahwa prestasi demi prestasi yang diraih MAN 1 Lotim merupakan buah dari maksimalnya program pembinaan ektra yang diawasi dan terevaluasi secara baik oleh pimpinan Madrasah.

"Ini luar biasa, dan sangat layak untuk dijadikan contoh, bahwa komitmen pimpinan, guru dan siswa menjadi kunci dasar untuk bisa mewujudkan prestasi. Insya alloh, MAN 1 Lotim sudah lama lakukan itu," tegas Sirojuddin.

Adapun raihan prestasi siswa MAN 1 Lotim yang sukses mengantarkannya menjadi juara umum sbb ;
1. Juara 1 Lomba Speak Bahasa Inggris yang diraih Royyan Alif Rahmat, sukses membawa piala, sertifikat dan uang pembinaan 400 ribu dengan pembina Muazatul Adawiyah;

2. Juara 1 Lomba Marawis dengan hadiah uang 700 ribu bersama sertifikat dan piala dengan pembina Jien Tirta Raharja;

3. Juara 1 lomba Tilawah Putra yang diraih  Hirzi Fahkrin Gamzhan, membawa pulang hadiah uang 400 ribu, sertifikat dan piala  dengan pelatih Marin Ahmad;

4  Juara 1 lomba Tilawah Putri yang diraih Bq Mutiara Marta Sani, hadian 400 ribu, sertifikat, dan  piala dengan pembina Marin Ahmad;

5. Juara 1 Kaligrafi yang diraih  Nanang Surya Jagat dengan hadiah piala, sertifiikat dan uang pembinaan 400 ribu  dengan pembina Sahapuddin. (RS/nwt)