Daftar Isi [Tampil]

Bupati Lombok Timur HM
 Sukiman Azmy. Saat menerima petugas Badan Pusat Statistik Lombok Timur di Pendopo. Sabtu (15/10/2022)
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com - Badan Pusat Statistik (BPS) pada tanggal 15 Okt - 14 Nov 2022 akan melaksanakan Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) di seluruh provinsi di Indonesia.

Pendataan Regsosek adalah pengumpulan data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan.

Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) adalah upaya pemerintah untuk membangun data kependudukan tunggal, atau satu data. Dengan menggunakan data tunggal, pemerintah dapat melaksanakan berbagai programnya secara terintegrasi, tidak tumpang tindih, dan lebih efisien.

Data Regsosek dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas berbagai layanan pemerintah seperti pendidikan, bantuan sosial, kesehatan, hingga administrasi kependudukan.

Regsosek penting untuk segera dilakukan karena masih terbatasnya cakupan data sosial ekonomi penduduk yang ada, yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh program dan layanan kepada masyarakat.

Bupati Lotim, HM. Sukiman Azmy saat menerima petugas BPS Lotim, menerangkan bahwa Pemerintah Kabupaten Lombok Timur mendukung secara penuh kegiatan Regsosek dari BPS, dikarenakan pendataan kali ini dalam rangka menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan.

“Data ini terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa dan kelurahan,” ucapnya saat menerima kedatangan Tim BPS di Pendopo Bupati Lombok Timur. Sabtu (15/10/2022)

Agar terciptanya data yang sesuai dengan kondisi di lapangan, Sukiman mengingatkan seluruh camat, lurah, kades, kepala wilayah, dan ketua RT agar mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Regsosek 2022 di wilayah masing-masing.
“Kita minta semua ikut serta agar apa yang diniatkan dari program ini dapat terlaksana dengan baik,” pintanya.

Selain itu, Sukiman juga meminta kepada seluruh masyarakat Lombok Timur agar menerima kedatangan tim pencacah dari BPS dengan baik, serta memberikan informasi yang sesuai dengan kondisinya saat ini.

“Kita ingatkan pada masyarakat agar menerima kedatangan petugas di rumah masing-masing dengan baik dan memberikan informasi yang valid sesuai apa yang menjadi pertanyaan dari petugas,” pungkasnya. (RS)