Daftar Isi [Tampil]

Dr Junaidi (kanan) Ketua KPU Lombok Timur bersama Muhammad Nurul Wathoni, M.Pd (kiri) Kepala MAN 1 Lotim. Senin (10/10/2022)
LOMBOK TIMUR, Radarselaparang.com - Ratusan siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lombok Timur dalam upacara bendera berkumpul mengikuti kegiatan Sosialisasi Pengenalan Demokrasi Pemula pada Pemilihan Umum Tahun 2024, Kegiatan ini diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Timur (Lotim). Dalam rangka sosialisasi ditingkat sekolah/madrasah, mengingat mereka akan berusia 17 tahun dan menjadi pemilih pemula yang Millenial pada pemilu 2024 nanti. Senin (10/10/2022)

Hadir selaku pembina upacara, Ketua KPU Lotim, Dr Junaidi. Dalam sambutannya, memaparkan dan memberikan pengetahuan tentang pelaksanaan pemilu yang rencananya akan digelar 2 tahun mendatang.

“Acara ini kami lakukan secara serentak di beberapa sekolah yang sudah ditentukan, Perlu Adik-adikku ketahui bahwa, pemilu akan dilaksanakan tepatnya pada tanggal 14 Februari 2024. Pemilu ini sangat penting karena akan menjadi momen untuk memilih calon anggota DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/ Kota, memilih Presiden dan Wakil Presiden serta memilih Kepala Daerah," terangnya.

Lebih lanjut, Dr Junaidi menyampaikan kegiatan ini merupakan edukasi para siswa untuk menjadi pemilih yang cerdas dan menggunakan hak pilih mereka dengan bijak.

“Pemilu ini sangat berguna buat bangsa kita. Karena lewat pemilu, kita bisa ikut serta dalam menentukan masa depan nagara ini. Jadi Adik-Adik harus menggunakan hak pilihnya dengan baik. Jangan pernah ada yang golput. Semua harus memilih. Tapi memilihnya juga harus dengan bijak. Jangan memilih hanya karena diberikan sejumlah barang atau uang. Pilihlah sesuai dengan hati nurani dengan melihat kinerja, kemampuan, dan kepribadiannya” pesannya.

Disela acara apel, Kepala MAN 1 Lombok Timur Muhammad Nurul Wathoni, M.Pd. sangat mengapresiasi Program KPU lotim ini, dimana dalam upaya memberikan motivasi dan bekal pada siswa yang punya hak pilih agar bisa menggunakan hak nya sebagai bentuk kepedulian pada proses demokrasi dan juga kepeduliannya pada nasib bangsa.

"terlebih saat ini suara millineal cukup besar sehingga mereka harus didorong untuk punya kesadaran dalam ikut serta dalam pesta demokrasi 5 tahunan ini yang hasilnya tentu kepada nasib bangsa di masa datang," ucapnya.

Nurul Wathoni, juga menyampaikan ucapan terimakasih pada KPU Lotim yang sudah berkunjung ke MAN 1 Selong, dalam upaya membantu tugas guru untuk memberikan pemahaman pada siswa tentang arti pentingnya sebuah demokrasi.

"Terima kasih kami sampaikan pada ketua KPU atas supportnya pada siswa  kami untuk terus mengejar prestasi, kedepan agar menjadi anak bangsa yang unggul dan akan ikut membangun bangsa di masa depan," tutupnya. (RS)