Daftar Isi [Tampil]

Pembukaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Desa Bintang Rinjani, Kecamatan Suralaga, di Ponpes Saadatuddarain NW Majuwet, Malam Ahad (2/10/2022)
LOMBOK TIMUR, Radarselaparang.com - Dalam rangka pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) I Desa Bintang Rinjani, Kecamatan suralaga, dipusatkan di Pondok Pesantren Saadatuddarain NW Majuwet. Ahad (2/10/2022)

Hadir dalam acara pembukaan Nurhilal (Camat Suralaga), H. Nasrun (Kades Bintang Rinjani), M. Rafii (Ketua BPD), semua Kadus Se - Desa Bintang Rinjani, TGH. Azwar Anas Mas'ud Abdullah, Ustz Syiaruddin (Pengurus Ponpes Saadatudarain NW Majuwet bersama jajaran), Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan masyarakat sekitar.

Dalam laporannya Muh. Hamdi, Selaku ketua panitia menyampaikan bahwa STQ tingkat Desa Bintang Rinjani, semata-mata untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia dengan membumikan Al Quran.

"Dalam pelaksanaan STQ ini, kami mengambil tema, Generasi Muda Bersama Al Quran, akan melombakan beberapa cabang  mata lomba untuk mencari bakat yang akan diutus ketingkat Kecamatan," ucapnya.

Disampaikan juga dalam laporannya, Sebelum acara pembukaan ini, dari panitia telah melakukan pawai Alagoris yang dilaksanakan tadi siang mulai jam 02.00 WITA sampai selesai, star dari Dusun Pengendong dan finish di Dusun Majuwet.

"Kami telah melaksanakan pawai Alagoris walaupun keadaan cuaca tidak bersahabat, dengan semangat yang tinggi mengagungkan Alquran, peserta pawai tetap semangat Alhamdulillah," tandasnya.

Kepala Desa Bintang Rinjani, H. Nasrun, dalam sambutannya menyampaikan melalui STQ ini, diharapkan dapat meningkatkan minat baca Al Qur'an dan menemukan bakat tertentu dalam bidang Al Qur'an.

Dalam kesempatan yang sama,Camat Suralaga Nurhilal, yang di daulat untuk membuka acara, menyampaikan bagaimana memelihara dan meningkatkan pengetahuan dan penghayatan terhadap Al Qur'an

"Karena itu dibentuk LPTQ disetiap desa dengan tujuan memelihara dan mengamalkan Al Qur'an," ucapnya.

Ditandaskan Hilal, dalam STQ ini bukan bertujuan untuk mencari juara, tetapi ditekankan pada pembinaan, dan pengamalan Al Qur'an dalam kehidupan.

"Salah satu cara mendakwahkan Al Qur'an melalui perlombaan untuk mencari bakat," tandasnya.

Hilal berharap perlombaan dilakukan secara profesional karenanya juri diambil dari orang yang paham dan ahli terhadap Al Qur'an, dan penonton jangan ikut menjadi juri, tetapi jadilah penonton yang baik, menerima hasil yang sudah ditetapkan oleh juri secara adil dan dapat dipertanggungjawabkan baik di dunia dan di akhirat.

"Dari 15 desa yang ada di kecamatan Suralaga, yang sudah melaksanakan STQ sebanyak 5 desa, kita harapkan desa yang lain untuk segera menyusul melaksanakan STQ ini, agar dalam mengutus peserta tingkat kecamatan nanti tidak asal tunjuk, tetapi berdasarkan hasil STQ," tutupnya. (RS)