Daftar Isi [Tampil]

Awali kegiatan STQ I Desa Bintang Rinjani, Kecamatan Suralaga, dengan pawai Alagoris, Ahad (2/10/2022)
LOMBOK TIMUR, Radarselaparang.com - Dalam acara Seleksi Tilawatil Quran (STQ) I Tingkat Desa Bintang Rinjani, Kecamatan Suralaga, diawali dengan pawai Alagoris yang diikuti oleh masing - masing kontigen di 3 (tiga) dusun, yakni Majuwet, peron dan pengendong. Ahad (2/9/2022)

Dalam pelaksanaan pawai Alagoris tersebut star dari dusun Pengendong dan finish depan panggung penghormatan di Dusun Majuwet.

Muhammad Hamdi, Selaku ketua panitia menyampaikan bahwa untuk mengawali perlombaan STQ panitia mengadakan pawai Alagoris yang tentunya bertujuan untuk memeriahkan dan menggairahkan peserta untuk berlomba nantinya.

"dalam pawai Alagoris ini, diikuti oleh semua unsur Yang ada di desa bintang Rinjanimulai dari Pemuda, Remaja, Sekolah/Madrasah, dan muslimat. Insyaallah dengan diawali dengan kegiatan positif pawai Alagoris, peserta dan masyarakat akan tambah gairah dalam mensukseskan lomba," ucapnya.

Lebih lanjut dikatan Hamdi, yang juga Sekretaris Desa (sekdes) bahasa untuk kegiatan STQ akan dilangsungkan selama 3 (tiga) hari yani mulai tanggal 3-6 Oktober.

"Untuk pembukaan acara kita akan langsungkan nanti malam (malam Senin red) yang akan dihadiri oleh semua unsur masyarakat dan diakhir acara ada Haflatul Qur'an," jelasnya.

Dipanggung penghormatan tampak duduk, H. Nasrun (Kepala Desa Bintang Rinjani), Ustaz Syiaruddin (Tokoh Agama), TGH Azwar Anas Mas'ud Abdullah Asyaulaty (Pimpinan Ponpes Saadatudarain NW Majuwet) dan H. Abdul Wahid (Tokoh Masyarakat).

Barisan pertama pawai, diawali dengan Drumben Syaikh Zainuddin NW dan baru diikuti oleh kontigen dari unsur peserta dan masyarakat. Tampak masyarakat disetiap kampung sangat antusias menyaksikan para kontingen yang berjalan beriringan.

Dengan melihat antusiasme peserta, Ustaz Syiaruddin, menyampaikan depan panggung penghormatan ini adalah bentuk cinta masyarakat desa bintang Rinjani akan Al Qur'an.

" Yang beriringan merupakan para generasi penerus Al Qur'an yang tidak akan tergoyahkan oleh waktu dan dalam jiwa mereka tertanam ayat - ayat suci," ucapnya semangat.

Dalam kesempatan yang sama H. Nasrun selaku kepala desa Bintang Rinjani, menyampaikan pada awak media ini, bahwa kegiatan STQ ini merupakan salah satu cara untuk menseleksi peserta yang akan diutus nanti pada tingkat kecamatan.

"Mudahan kegiatan ini berjalan dengan lancar sesuai harapan kita melahirkan bibit ungul yang dapat mengharumkan nama desa," pungkasnya.

Acara berlangsung dengan aman dan tertib berkat kerjasama pemerintah desa dengan Badan Keamanan Desa (BKD), Polmas, dan Babinkantibmas. (RS/Dipa)