Daftar Isi [Tampil]

HM. Sukiman Azmy Bupati Lombok Timur saat sambutan pada Tasyakuran Ponpes Darul Kamal Kembang Kerang, Kecamatan Akmel. Ahad (9/10/2022)
LOMBOK TIMUR, Radarselaparang.com - Tasyakuran Ke- 39 Pondok Pesantren Darul Kamal Kembang kerang bersamaan dengan Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAw, dihadiri Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy bersama beberapa Tokoh Agama. Kegiatan ini dilaksanakan di Halaman Pondok Pesantren yang dihadiri oleh Ratusan jamaah, wali santri dan semua santri Darul Kamal, Ahad (9/09).

Dalam Sambutannya, Bupati Sukiman mengajak dalam setiap event khususnya Maulid Nabi untuk kembali mengangkat kearifan lokal yakni penggunaan kekisa sebagai tempat pengamat. Penggunaan kekisa ini dalam upaya mendukung Program zero waste dan meminimalisir penggunaan bahan Pelastik.

"Kekisa ini kearifan nenek moyang kita yang perlu kita angkat kembali dalam setiap Pelaksanaan Maulid, supaya masyarakat tidak terlalu bergantung pada penggunaan Pelastik", paparnya.

Dalam momen tersebut, Bupati juga mengingatkan akhlak menjadi perioritas dalam dunia pendidikan. Akhlak murid pada guru, akhlak murida pada orang tua, dan juga akhlak guru pada murid. Sukiman menyinggung sinergisitas pola didik guru dan orang tua ketika ia kecil, Dimana masing-masing saling menghargai peran antara orang tua dan guru. Sehingga pola didik anak asuh memiliki hasi yang sama.

"Kalau dulu setiap Jumat kita dihukum di lapangan dengan memukul garisan di tanga kita karena belum memotong kuku, ketika melapor ke orang tua malah kita kembali dapat tambahan hukuman. Karena orang tua dahulu sangat mempercayai betul peran orang tua dalam mendidik, jelasnya.

Demikian pula dia berharap, sekolah tidak lagi menutup gerbang bagi anak yang terlambat datang. " Saya meminta kepada semua sekolah untuk tidak menutup gerbang ketika siswa terlambat, supaya mereka tidak keluyuran di jam sekolah dan pihak sekolah melakukan konfirmasi alasan mereka terlambat dan bagaimana solusi terbaiknya", paparnya.

Hal senada disampaikan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Darul Kamal Kembang kerang TGH Ruslan Zain, Mendidik anak dengan mengutamakan ibadah mereka, jika ibadah tuntas maka dunia pun dalam genggaman. Beliau mencontohkan beberapa santri beliau yang dulu nakal bahkan putus sekolah karena dari keluarga miskin, beliau selalu mengingatkan untuk selalu menjaga sholat dimanapun berada dan dalam kondisi apapun.

Pimpinan PONPES DARUL KAMAL bersama tamu undangan Tasyakuran Ke-38 dan Perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw, Ahad (9/09).

"Jangan suka marahi anak kecuali ketika memerintahkan ia sholat, pastikan dia melaksanakan sholat, kita tidak tau Nur Allah itu kapan menyinari hati mereka, jika sholat selalu terjaga insyaallah Allah memiliki kuasa atas hambanya yang selalu menjaga sholat nya. Santri Alkamal saya hanya tekankan cukup bisa sholat dan selalu menjaganya dan Alhamdulillah banyak mereka sekarang pendidikan tinggi bahkan menjadi Doktor", Paparnya.(RS)