Daftar Isi [Tampil]


Lalu Irjannawadi, S.Pd.I Kepala MA Irsyadul Mujahidin NW Teliah, saat menyampaikan sambutan pada acara pembukaan visitasi akreditasi, Rabu (5/10/2022)
LOMBOK TIMUR
Radarselaparang.com - Badan Akreditasi Nasional Sekolah/ Madrasah (BAN-S/M) Provinsi Nusa Tenggara Barat menugaskan dua asesornya untuk melakukan visitasi akreditasi di MA Irsyadul Mujahidin NW Teliah Desa Sakra Selatan Kecamatan Sakra, pada Rabu (05/10/2022). Acara itu dilaksanakan selama dua hari dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Asesor yang bertugas di madrasah itu adalah Zinnurain, M.Pd. dan Drs. H. Aminuddin, M.Pd.

Kegiatan hari pertama visitasi akreditasi diawali dengan temu awal bertepatan dengan acara Haul Yayasan Pondok Pesantren Irsyadul Mujahidin NW Teliah Ke- 9 yang dilaksanakan di lapangan ponpes setempat. 

Kepala MA Irsyadul Mujahidin NW Teliah Lalu Irjannawadi, S.Pd.I dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada dua asesor tersebut.

“Selamat datang di MA Irsyadul Mujahidin NW Teliah kepada bapak-bapak asesor, yang tadi pukul 08.00 WITA pagi sudah berangkat dari Mataram dan sampai sini jam 09.30 WITA dengan keadaan sehat walafiat dan terima kasih kepada bapak-bapak asesor karena dua hari kedepan kita akan bersama disini,” kata Irjannawadi.

Dia juga menyampaikan bahwa siswa di madrasahnya di dua tahun terakhir ini cukup membaggakan karena banyak kompetisi baik di daerah, provinsi maupun nasional dari berbagai ajang dapat meraih penghargaan.

“Dua tahun terakhir ini tidak kurang dari 47 medali telah didapatkan oleh para siswa yang telah mengikuti berbagai kompetisi baik tingkat daerah, provinsi maupun nasional, hal ini sangat membanggakan madrasah,” ujarnya.

Atas dasar itu lanjutnya, MA Irsyadul Mujahidin NW Teliah semakin yakin untuk menghadapi visitasi akreditasi sebagaimana hari ini.

Sementara itu Zinnurain, selaku asesor  mengatakan dua tahun berjalan ini untuk akreditasi sudah tidak lagi dokumentatif yang menjadi sasaran akan tetapi kinerja madrasah.

Ia juga berharap pelaksanaan visitasi dapat berjalan lancar dan dapat memberikan dorongan atau motivasi kepada semua Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) di MA Irsyadul Mujahidin NW Teliah untuk terus berupaya meningkatkan mutu Madrasah.

Lebih lanjut, Zinnurain menjelaskan bahwa penilaian visitasi dilakukan melalui berbagai teknik antara lain wawancara dengan warga sekolah/madrasah dan atau pemangku kepentingan, telaah dokumen, penyebaran angket/kuesioner, penggalian data, serta pendalaman hal-hal khusus terkait komponen dan aspek akreditasi.

Setelah sambutan selesai, tim asesor melakukan observasi terhadap ketersediaan sarana dan prasarana yang telah dilaporkan lewat SISPENA sebagai tolok ukur Indeks Pemenuhan Relatif (IPR). 

Kegiatan dilanjut dengan telaah dokumen yang dilaksanakan di aula Ponpes. Dalam telaah dokumen, tim asesor memeriksa semua kelengkapan dokumen yang sebelumnya telah diupload di SISPENA. Ada 4 komponen penting yang akan dinilai dalam proses akreditasi ini, yaitu meliputi: mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru, dan manajemen.

Empat tim telah ditunjuk oleh Lalu Irjannawadi (selaku kepala madrasah) untuk mempersiapkan dan menunjukkan dokumen akreditasi kepada tim asesor. Masing-masing tim dipimpin oleh: Saliman Alfitani, S. Pd. Zainul Ihsan, S.Pd.I Ahmad, S.Pd. Suriyanti, S. Pd.

Agenda kegiatan visitasi hari pertama berakhir tepat pada pukul 14.00 WITA. Kegiatan selanjutnya akan dilaksanakan esok harinya dengan agenda observasi pada proses pembelajaran di dalam kelas serta penggalian data melalui wawancara dengan pemangku kepentingan (stakeholder) MA Irsyadul Mujahidin NW Teliah. (RS/MF)