Daftar Isi [Tampil]

Sahnam, SH Komisioner Bawaslu Lotim, Kordiv Pengawasan dan Penindakan.
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Tahapan pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Saat ini Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) sedang bersiap untuk mengawasi proses verifikasi Faktual (verfak) Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang telah mendaftarkan diri ke KPU serta sedang mempersiapkan proses perekrutan Pengawas Lapangan (PL).

Hal itu disampaikan Komisioner Bawaslu Lotim, Saham, Menyampaikan dimana pengawasan yang saat ini sedang dilakukan oleh Bawaslu melalui Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) salah satunya proses perekrutan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa yang sedang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lotim.

"Kita berharap dalam proses perekrutan PPS yang sedang dilakukan tersebut transparan dan cakap dalam melakukan tugasnya nanti, sehingga proses pemilihan ditingkat desa sampai pada TPS berjalan dengan lancar dan mereka yang terpilih paham dan mengerti tugas dan fungsi mereka," ucap Sahnam, saat diwawancarai media ini di Pendopo Bupati saat menghadiri acara BKPRMI, Sabtu (31/12/2022).

Lebih lanjut, Sahnam selaku Koordinator Devisi (Kordiv) Pengawasan dan Penindakan, Bawaslu Lotim, mengatakan Bertepatan dengan itu, Bawaslu Lotim juga sedang bersiap untuk mengawasi proses verfak Calon anggota DPD karena bagaimanapun juga mereka maju melalui independen yang mana sebelum ditetapkan sebagai calon tetap akan dilakukan verfak terhadap dukungan yang telah disampaikan ke KPU oleh bakal calon anggota DPD tersebut.

"Secara bersamaan disamping pengawasan perekrutan anggota PPS, juga dilakukan pengawasan terhadap proses Verfak bakal calon independen Anggota DPD," jelasnya.

Dipaparkan Sahnam, Dalam pengawasan proses Verfak calon anggota DPD tersebut, Dimana Bawaslu merupakan pengawasan yang melekat sehingga Bawaslu dibantu Panwascam dan PL nantinya akan meminta daftar data dukungan dari masing - masing Bakal calon DPD pada KPU, sehingga dalam proses pengawasan yang akan dilakukan nanti oleh Panwascam ada menjadi pegangan dan tidak ngambang.

"Yang pada akhirnya hasil yang di dapat dari proses Verfak  calon anggota DPD itu dilakukan secara teransfaran, sehingga data yang hasilkan betul-betul valid dan dapat dipertanggungjawabkan," tegasnya.

Selain itu sambung Sahnam, dari pengawasan terhadap proses Verfak, saat ini Bawaslu Lotim juga sedang mempersiapkan perekrutan Calon Pengawas Lapangan (PL) yang akan membantu Panwascam dalam proses pengawasan di tingkat desa.

"Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri sebagai PL untuk mempersiapkan diri dan menunggu pengumuman yang akan dikeluarkan oleh masing - masing panwascam dalam waktu dekat ini," tutupnya. (RS)