Daftar Isi [Tampil]

Bupati Lombok Timur HM Sukiam Azmy saat jumpa pers
LOMBOK TIMUR Radarsaparang.com || Bupati Lombok timur (Lotim) sangat mengapresiasi kepedulian masyarakat Lotim yang sangat peduli pada masyarakat yang terkena dampak benca gempa di Cianjur Jawa Barat. Hal itu disampaikan Bupati Lotim. HM. Sukiman Azmy saat melakukan jumpa pers di Ruang rapat Bupati, Jumat (9/12/2022)

Dijelaskan Bupati Sukiman, bahwa Total keseluruhan sumbangan peduli Gempa Cianjur yang didapatkan sampai hari ini sebanyak 1,246,876,700  (Satu koma dua ratus empat puluh enam koma delapan ratus tujuh puluh enam koma tujuh ratus rupiah). Dimana dana tersebut bersumber dari masyarakat di masing - masing kecamatan dan jumlah besaran dana tersebut lebih besar didapatkan dari kalangan OPD yang berjumlah enam Puluh Satu (61) OPD di pemerintahan Kabupaten Lombok Timur.

"Apresiasi pada masyarakat Lombok Timur di masing-masing kecamatan, dan keterlibatan 61 OPD di Pemkab Lotim ini juga,  Alhamdulillah sangat tinggi. Ini bentuk upaya kita dalam membantu saudara- saudara kita yang terdampak gempa di Cianjur,' katanya.

Bupati Sukiman, juga memaparkan bahwa sistim pengumpulan donasi di setiap kecamatan tersebut yakni dengan melalui Masjid-masjid yang ada di Lotim ini. Adapun jumlah masjid di Lombok Timur sebanyak 1465 Masjid dengan menyisihkan 10% amal yang masuk pada hari itu, dan dari 61 OPD yang ada.

"Ini sebagai wujud kepedulian kita, dan saya ucapkan terimakasih kepada semua ASN yang telah mendukung program ini karena kita juga pernah mengalami. Dan mudahan tidak separah seperti yang kita alami dulu," jelasnya.

Disebutkan Bupati Sukiman, dari 21 (dua puluh satu) kecamatan ada 3 (tiga) urutan teratas yang memberikan sumbangsihnya, yakni Kecamatan Suralaga sebesar 119.208.000, Kecamatan Wanasaba sebesar 75.910.000, dan Kecamatan Selong sebesar  59.752.400.

"Atas nama Bupati Lombok Timur, Saya mengucapkan terimakasih terhadap masyarakat Kecamatan Suralaga atas partisipasi sosialnya terhadap masyarakat yang terkena musibah gempa di Cianjur. semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan," sebutnya.

Dijelaskan Bupati Sukiman, terkait teknis pengiriman, Kalau Provinsi NTB dan Kabupaten lain mengirimkan dalam bentuk barang dan bahan makanan, tetapi Lombok timur akan memberikan bantuan dalam bentuk uang tunai dengan pembagian Rp  1,1 Miliyar akan diserahkan ke bupati dan sisanya diberikan pada LSM yang sukarela memberikan trauma healing pada masyarakat Cianjur.

"Lombok Timur akan memberikan bantuan dalam bentuk uang tunai, karena yang tau apa yang mereka butuhkan itu adalah mereka sendiri, Jadi dengan uang tunai maka mereka bisa membeli suatu sesuai kebutuhan," jelasnya.

Adapun dana tersebut akan diserahkan dengan secara langsung nantinya pada hari Selasa oleh pemerintah Kabupaten Lombok Timur yang dalam hal ini melalui Dinas Sosial, Dinas Perkim, BPBD,  Kabag Kesra, dan akan melibatkan 10 (sepuluh) dari kalangan Wartawan Lombok Timur. (RS/Tony)