Daftar Isi [Tampil]

Organisasi pencinta alam Sempara Lombok Timur melakukan kegiatan penghijauan di Mata air aik Koak
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com ||  Mata air Aik Koak di Desa Aikmel Utara, Kecamatan Aikmel dulunya merupakan mata air terbesar ke tiga di Kabupaten Lombok Timur (Lotim). Mata air ini dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat di wilayah Aikmel dan sekitarnya.

Seiring waktu karena faktor alam dan kebutuhan masyarakat, terjadi pembabatan pohon secara liar. sehingga berdampak kekeringan, menyebabkan volume atau debit air di wilayah tersebut berkurang.

Tidak hanya mata air Aik Koak saja, tetapi beberapa mata air di wialyah Kecamatan Aikmel juga mengalami hal yang sama. 

Kondisi inilah organisasi pencinta alam di Lombok Timur ini terpanggil untuk melakukan penghijauan. Salah satunya organisasi pencinta alam Sempara Lombok Timur.

Penghijauan yang digelar bertepatan dengan Hari Gunung Nasional, berkolaborasi dengan DLH Kabupaten dan Provinsi NTB, BPDAS HL Dodokan Moyosari, Pemerintah Desa setempat, masyarakat dan stake holder terkait. Ahad, (11/12/2022)

Kegiatan tersebut bertema 'Bersedekah Untuk Bumi' dengan menanam pohon sebanyak 1001 bibit. Demikian dikatakan oleh Ketua Panitia Muhammad Iqbal Hariadi melalui keterangan resminya.

"Sebanyak 1001 bibit di taman dengan tema 'Bersedakah untuk Bumi'," kata Iqbal.

Selanjutnya Ia mengungkapkan, bahwa Lombok Timur sesungguhnya memiliki mata air yang cukup banyak. Tetapi hanya saja sebagian yang di rawat.

"Sisanya terbengkalai atau bisa dikatakan sudah tidak berfungsi lagi," sebutnya.

Bibit pohon yang akan di tanam
Sebagai pemuda dan masyarakat yang memiliki pemahaman tentang alam,  menurutnya sudah saatnya bergerak bersedekah untuk bumi.

"Kita sedekah tenaga kita dengan menanam pohon demi kehidupan yang berkelanjutan," kata Iqbal selaku 

Koordinator Divisi Konservasi Lingkungan Hidup Sempara Lombok Timur itu.

Di tempat yang sama, DLHK Provinsi NTB yang di wakili Jamaludin Islam, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada semua stake holder yang terlibat pada kesempatan tersebut.

Dia menyebut, kegiatan yang dilakukan itu merupakan program rutin DLHK. Oleh karena itu, ia mengapresiasi kepada panitia penyelenggara.

"Kami bersyukur sekali bisa di bantu dan diwakilkan oleh teman-teman semua. Karena kami tidak langsung turun ke tempat yang kecil atau ke tempat yang tidak bisa kami jangkau" imbuhnya. (RS)