Daftar Isi [Tampil]

Dr M. Junaidi,ST., MT. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Timur
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) laksanakan test wawancara terhadap 330 orang calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dilaksanakan di Kantor KPU Lotim.

Ketua KPU Lotim, M. Junaidi menyampaikan Terkait dengan tes wawancara ini merupakan bagian dari tahapan kegiatan pembentukan badan Add Hock, yakni PPK dimana sebelumnya telah melalui test tertulis melalui Computer Assested Test (CAT) yang dilaksanakan pada tanggal 6 sampai tanggal  7 Desember 2022 yang lalu, dan yang test wawancara ini merupakan 15 ( lima belas) besar yang memperoleh nilai tertinggi.

"Tes Wawancara ini diikuti oleh 330 (tiga ratus Tiga puluh) peserta yang terdiri dari 15 (lima belas) peserta yang tersebar dalam 21 (dua puluh satu) kecamatan yang ada di Lombok Timur," ucapnya saat diwawancarai media ini diruang kerjanya. Senin (12/12/2022).

Junaidi, Menjelaskan bahwa pelaksanaan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, mulai hari ahad tanggal 11 Sampai hari selasa tanggal 13 Desember 2022, sebagai pewawancara pada pelaksanaan test wawancara yakni masing - masing komisioner KPU Lotim.

"Untuk proses selanjutnya adalah kami komisioner akan menetapkan masing - masing sebanyak 5 (lima) orang per kecamatan," jelasnya.

Terkait dengan prosedur wawancara, Junaidi merincikan berdasarkan pedoman dari KPU RI, bahwa KPU Kabupaten memperdalam  pada peserta wawancara diantara;

Pertama, Pengetahuan Kepemiluan meliputi  teknis penyelenggaraan pemilu, kelembagaan penyelenggara pemilu, pengetahuan kewilayahan, dan administrasi kepemiluan;

Kedua, Komitmen, meliputi integritas, profesionalitas, dan visi;

Ketiga, Rekam Jejak dari peserta wawancara, yakni riwayat pengalaman kepemiluan, riwayat pengalaman organisasi, riwayat pengalaman kerja, dan riwayat pendidikan;

Keempat, Kemampuan Ilmu Teknologi ( IT), dimana peserta test wawancara akan langsung praktik menggunakan Microsoft Word dan Microsoft Excel;

Kelima Klarifikasi masukan dan tanggapan masyarakat.

"Untuk pengumuman kelulusan calon anggota PPK, akan dilaksanakan pada tanggal 14 sampai 16 Desember 2022, sementara untuk pelantikan nanti pada bulan Januari 2023, bersamaan dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang pendaftarannya akan dibuka pada tanggal 18 Desember 2022 mendatang," tutupnya.(RS)