Daftar Isi [Tampil]

Rapat koordinasi panitia Kegiatan Kemah Shilaturrahmi dan Lomba Penjelajahan Penggalang  Penegak (KSLP3) ke XI,
LOMBOK TIMUR Radaraselaparang.com || Kegiatan Kemah Shilaturrahmi dan Lomba Penjelajahan Penggalang  Penegak (KSLP3) ke XI, merupakan salah satu dari sekian banyak kegiatan di buat oleh Gerakan Pramuka Satuan Komunitas (Sako) Syaikh Zainuddin NW Lombok Timur yang diselenggarakan setiap tahunnya. Kegiatan ini pula menjadi ajang mengasah  kemampuan, khususnya di bidang kepramukaan.

Ketua Panitia KSLP3 XI, Ahmad Izzul Islam, menyampaikan Tujuan dari kemah ini sesuai namanya kemah silaturrahmi dimana memberikan suatu ikatan supaya Pramuka satu dengan Pramuka yang lain tidak berjauhan sehingga terjalin sebuah ikatan dan terjalin silaturrahmi  yang terbentuk dari kegiatan ini.

"Harapan kita kedepan jangan sampai kita membuat kegiatan yang sifatnya kompetisi penuh, artinya bukan kompetisi itu saja yang dikejar melainkan bagaimana peserta secara keseluruhan memiliki ikatan yang kita sebut dengan silaturrahmi," ucapnya disela rapat koordinasi panitia di Lesehan Purnama Tanak Maik Masbagik, Ahad (4/12/2022).

Izzul, menyebutkan bahwa untuk tahun ini kegiatan KSLP3 ke XI memperluas jangkauan pesertanya, dimana pada tahun sebelumnya dengan sekup NTB (Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa red) namun untuk penyelenggaran tahun ini diperluas menjadi Bali Nusa Tenggara (Bali-Nusra)

"Kita coba tahun ini memperluas cakupan peserta KSLP3 - XI ini menjadi Bali Nusra, yakni provinsi Bali, NTB, dan NTT,"terangnya.

Disebutkan Izzul, Waktu pelaksanaan  KSLP3-XI, akan dilaksanakan dengan 2 (dua) tahap, yakni Tahap I : Tingkat Penggalang (SD/MI)  Sederajat dari tanggal 19 s.d. 21 Desember 2022 (Se- Pulau Lombok); Tahap II : Tingkat Penegak (SLTP/MTs) dan Penggalang (SLTA/MA) Sederajat dari tanggal 26 s.d. 29 Desember 2022;

"Tempat Bumi Perkemahan Ummuna Hj. Sitti Raihanun Zainuddin Abdul Madjid, Komplek Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani - Lombok Timur," jelasnya.

Ditegaskan Izzul, Untuk menghindari adanya indikasi penilaian yang tidak sportif dan tanggapan  masyarakat dan unsur lainnya, dalam pelaksanaan tidak mengikutkan peserta yang dari komplek Ponpes Syaikh Zainuddin dari semua tingkatan.

"Sementara untuk penilaian para juri dari kegiatan yang dilombakan, kami dari panitia mengambil penjurian itu diambil dari 4 (empat) unsur, yakni TNI, Polri, Purna racana dan Pengurus Sako Syaikh Zainuddin, dengan itu ikhtiar kita untuk mendapatkan juara yang betul - betul dari hasil nilai peserta yang berkualitas dari para juri yang independen," tutupnya.

Lalu Irjanawadi, QH., S.PdI., M.Pd. Dewan juri KSLP3 XI
Ditempat yang sama, Lalu Irjanawadi selaku dewan juri menyampaikan dalam penilaian nanti tidak memandang peserta itu dari manapun, harus obyektif dan betul - betul sportifitas.

"Dimana pada tahun ini sistem penilaiannya peserta berbeda dari tahun sebelumnya, dimana pada tahun sebelumnya juri hanya menilai satu item yang dinilai yang ditentukan saja, namun sekarang satu juri itu menilai semua item penilaian sehingga semua juri dalam Lomba sama bentuk item penilaiannya dan nantinya akan dikumpulkan untuk diakumulasi dari semua juri dalam Lomba tersebut untuk menentukan juaranya," terang Lalu Irjan.

Dipertegas Lalu Hirjan khusus lomba Pelatihan Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) tim jurinya dari TNI dan Polri, sehingga objektifitas dan sportifitas itu betul- betul terjaga dan murni.

"Baru pada lomba yang lain selain LKBB, jurinya dari Purna racana dan Pengurus sako Syaikh Zainuddin, intinya seperti yang dibilang ketua panitia untuk menjaga objektifitas dan sportifitas tidak ada peserta dari lingkungan Ponpes Syaikh Zainuddin," tegas Lalu Irjan yang juga pernah menjadi  ketua panitia selama dua kali pelaksanaan KSLP3 tersebut.

Hairurrazak Hanafie, S.Sos., S.Psi., M.Si. Pembina KSLP3 XI
Sementara itu mantan ketua Sako Syaikh Zainuddin yang juga selaku pembina dalam KSLP3 XI, Hairurrazak Hanafie, yang menyempatkan diri hadir di acara rapat koordinasi panitia tersebut menyampaikan kembali tahun ini dilaksanakan KSLP3 yang sempat tertunda beberapa tahun karena bencana alam dan Covid 19.

"Kalau menghitung dari tahun 2009 pertama dilaksanakan KSLP3 seharusnya ini tahun ke 14 namun karena ada bencana Covid 19 sehingga KSLP3 ini masih ke XI," sebut Kanda Hairurrazak, mantan ketua Sako Syaikh Zainuddin dua Priode tersebut

"Kita berharap dengan kembalinya kegiatan KSLP3 XI ini semua komponen berkerjasama dengan baik sehingga seluruh rangkaian kegiatan terlaksana dengan baik dan sukses, apalagi dengan diperluasnya cakupan perserta Bali _Nusra, tentu diperlukan adanya kerjasama baik dari panitia, purnaracana, dan Pengurus Sako Syaikh Zainuddin, agar semua rangkain kegiatan berjalan dengan sempurna," tutupnya.

Untuk informasi, Pendaftaran peserta bisa melalui online melalui link bit.ly/daftar_kslp3xi selanjutnya mengkonfirmasi panitia di 0859 3657 7906 (bendahara panitia), dan juga bisa secara Langsung (Offline) dimana Peserta kontingen langsung ke stand pendaftaran di Sekretariat Panitia KSLP3-XI se-Bali Nusa Tenggara (Kampus IAIH NW Lombok Timur); dibuka tiap hari pada pukul 08.00 – 17.00 WITA. (RS/tony)