Daftar Isi [Tampil]
Kemah Shilaturrahmi dan Lomba Penjelajahan Penggalang Penegak ( KSLP3) ke - XI  tahun 2022, di bumi perkemahan Ummuna Lapapang Hj. Sitti Raihanun Zainuddin Abdul Madjid. di Anjani Lombok Timur

LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Gerakan Pramuka Satuan Komunitas (SAKO) Syaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan (NW) kembali gelar kegiatan Kemah Shilaturrahmi dan Lomba Penjelajahan Penggalang Penegak ( KSLP3 ) ke - XI  tahun 2022, bertempat di bumi perkemahan Ummuna Lapangan Hj. Sitti Raihanun Zainuddin Abdul Madjid, Anjani Lombok Timur, Dimana kegiatan tersebut dibuka pada, Senin (26/12/2022)

Ketua Panitia KSLP3 XI, Ahmad Izzul Islam, menyampaikan Tujuan dari kemah ini sesuai namanya kemah silaturrahmi dimana memberikan suatu ikatan supaya Pramuka satu dengan Pramuka yang lain tidak berjauhan sehingga terjalin sebuah ikatan dan terjalin silaturrahmi  yang terbentuk dari kegiatan ini.

"KSLP3 merupakan kemah silaturrahmi terbesar di bumi perkemahan NTB, Dimana diselenggarakan tiap tahun dan pelaksanaannya selalu pada bulan Desember oleh SAKO Syaikh Zainuddin NW," sebutnya.

Izzul, menyebutkan bahwa untuk tahun ini kegiatan KSLP3 ke XI memperluas jangkauan pesertanya, dimana pada tahun sebelumnya dengan sekup NTB (Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa red) namun untuk penyelenggaran tahun ini diperluas menjadi Bali Nusa Tenggara (Bali-Nusra)

"Tahun ini kita memperluas cakupan peserta KSLP3 - XI ini menjadi Bali Nusra, yakni provinsi Bali, NTB, dan NTT, namun karena terkendala cuaca ektrim perserta yang dari luar daerah Bali dan NTT yang sebelumnya sudah konfirmasi tidak bisa hadir, hanya dari pulau Sumbawa, Alhamdulillah 2 sekolah hadir yakni MAN 3 dan MTsN 2 Sumbawa,"jelasnya.

Untuk pelaksanaan kegiatan KSLP3 ke IX, tetang Izzul, dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 26  sampai 29 Desember 2022 yang akan memperebutkan gelar juara dengan pila bergulir. Dan tak lupa dirinya mengucapkan ucapan terima kasih pada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kelancaran acara ini.

"Kegiatan lomba yang kita laksanakan sebanyak 14 jenis lomba secara umum berbentuk lomba ketangkasan dan lomba bersifat edukasi. Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar, walau dalam kondisi cuaca dengan curah hujan yang lumayan tinggi," harapnya.

Dalam arahan sekaligus membuka acara, Ketua Kwatir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka NTB, Dr. H. Fathul Gani, M.Si. Menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas penyelenggaraan Kemah Silaturrahmi dan Penjelajahan Penggalang Penegak (KSLP3) ke-XI Tahun 2022, se Bali-Nusa Tenggara.

“Kita berharap, agar kegiatan yang di ikuti sebanyak 2.064 orang anggota Pramuka se Bali-Nusa Tenggara, dapat berjalan lancar, mampu mempererat silahturahmi dan meningkatkan keterampilan para peserta," ujar Ketua Kwarda yang akrab disapa Kak Fathul tersebut.

Sementara itu, Mengawali sambutannya, Muhammad Zuhri, M.Pd. atas nama pengurus Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani dan selaku Ketua Gerakan Pramuka Satuan Komunitas ( SAKO ) Syaikh Zainuddin NW, TGH Khairul Fatihin,MM. Mengucapkan selamat datang kepada Kakak-kakak dari Kwarda NTB, Kwarcab Lombok Timur, Kwaran Suralaga, Pembina dan pendamping, segenap tamu undangan begitu juga kepada seluruh peserta KSLP3 - XI tahun 2022 di bumi perkemahan Ummuna Hj. Sitti Raihanun Zainuddin Abdul Madjid.

"Kemah Shilaturrahmi dan Lomba Penjelajahan Penggalang–Penegak yang disingkat KSLP3 merupakan salah satu program tahunan yang dilaksanakan oleh gerakan pramuka satuan komunitas (SAKO) Syaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan," ucapnya.

Diterangkan Kanda Zuhri, panggilan akrabnya, bahwa KSLP3 ini adalah buah pikiran pemikiran yang cukup brilian dari angota pramuka Syaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan pada tahun 2006, yakni bagaimana untuk melaksanakan satu kegiatan besar yang bertujuan untuk menjalin shilaturrahmi serta sebagai ajang
kompetisi anggota Pramuka Penggalang-Penegak. Namun pada tahun 2007 KSLP3 yang pertama baru dapat dilaksanakan dengan mengundang anggota pramuka se - Kabupaten Lombok Timur dengan jumlah peserta kurang lebih seratusan anggota Pramuka, yang dikhususkan kepada sekolah/madrasah yang bernaung di bawah
organisasi Nahdlatul Wathan, pada tahun 2009 dilaksanakan kembali KSLP3-II dengan mengundang Anggota Pramuka sekolah negeri dan swasta se - kabupaten Lombok Timur, sedangkan pada tahun 2010 yakni pada KSLP3 ke-3 sampai dengan tahun 2014 KSLP3 ke-6 memperluas area shilaturrahmi dengan mengundang anggota pramuka se- pulau Lombok.

Selanjutnya sejak tahun 2015 tepatnya pada KSLP3-7 memperluas area yakni dengan mengundang anggota gerakan pramuka Se Nusa tenggara Barat. pada tahun 2017 terlaksana KSLP3-IX dengan jumlah peserta yang lebih banyak karena mengikut sertakan anggota Penggalang tingkat SD/MI dengan jumlah peserta lebih dari 4.000 anggota pramuka, namun pada tahun 2018 kegiatan KSLP3 tidak dapat terlaksana karena terkendala bencana alam berupa gempa bumi yang melanda Nusa Tenggara Barat sehingga KSLP3-X dapat terlaksana pada tahun 2019 dengan mengikut sertakan anggota penggalang tingkat SD/MI sehingga peserta pada Tahun 2019 lebih dari 5.000 anggota pramuka dapat bershilaturrahmi dan berkompetisi di bumi perkemahan Ummuna Hj. Sitti Raihanun Zainuddin Abdul majid, selanjutnya selama dua tahun
berturut-turut KSLP3 tidak dapat dilaksanakan karena terkendala covid-19.

"Alhamdulillah pada tahun 2022 ini, kita bisa melaksanakan kembali KSLP3 yakni KSLP3 yang ke - 11 dengan menambah area shilaturrahmi yakni Bali - Nusa Tenggara," panjangnya.

Dipenghujung sambutanya, Kanda Zuhri, menyampaikan Semua kegiatan ini bisa terlaksana berkat dukungan dan kerjasama yang khususnya dari Kwrarda Gerakan Pramuk Nusa Tenggara Barat, Kwarcab Lombok Timur, Kwaran Suralaga dan pemerintah Provinsi dan kabupaten serta instansi – instansi terkait. Terlebih-lebih dukungan dan kerjasama dari Kakak-kakak Kamabigus masing - masing Sekolah dan Madrasah, tanpa dukungan Kakak-kakak tentunya kegiatan KSLP3 tiga ini tidak terlaksana, karena tidak ada pesertanya.

"Sehubungan dengan itu, pada kesempatan ini kami ucapkan beribu-beribu terimaksih kepada segenap yang telah membantu baik moral maupun matrial atas terlaksanannya kegiatan KSLP3 ini, dan begitu juga ucapan terimaksih dan penghargaan yang setinggi - tingginya kepada seluruh Panitia Pelaksana KSLP3 ke-11 atas kerja Keras, kerja ikhlasnya sehingga KSLP ke-11 ini bisa terlaksana," ucapnya.

Di akhir sambutanya,Kanda Zuhri Mewakili Ketua SAKO Syaikh Zainuddin NW, Tentunya dalam perjalanan pelaksanaannya kegiatan, mungkin nanti ada hal-hal yang kurang nyaman dan kurang berkenan, atas nama pimpinan SAKO Syaikh  Zainuddin NW memohon maaf yang setulus-tulusnya, dan berpesan kepada Kakak-kakak yang dipercayakan sebagai Juri, mari terus junjung tinggi profesionalitas dan obyektivitas dalam melaksanakan penilaian, begitu juga kepada semua peserta lomba, terus tunjukkan sportivitas dan kualitas. begitu juga mari kita bersama-sama menjaga keamanan, kenyamanan selama kegiatan ini berlangsung, agar kegiatan KSLP3 ini, dari hari ini sampai penutupan nanti berjalan dengan aman, lancar dan tertib.

"Begitu juga mari kita sama-sama menjaga fisik dan kesehatan kita, karena cuaca saat-saat ini agak sering hujan dan angin lumayan kencang," tutupnya.