Daftar Isi [Tampil]

Siswa SMA NW Suralaga M. Auza'i (4 dari kanan) ikuti Pelajar Teladan Bangsa IX 2022
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Salah satu siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Nahdlatul Wathan (NW) Suralaga sebagai Duta NTB pada Jambore Pelajar Teladan Bangsa IX 2022, yang diselenggarakan oleh MAARIF Institute. Kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari, mulai tanggal  27–30 Desember 2022, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah bagian kesiswaan, Turmawazi, S.Sos., S.Si. Menyampaikan rasa syukurnya atas keikutsertaan salah satu siswa binaannya dalam kegiatan bergengsi yang tentunya tidak semua bisa mendapatkan kesempatan baik tersebut.

"Alhamdulillah, siswa kami atas nama M. Auza'i, ikut dalam jambore dalam acara Jambore Pelajar Teladan Bangsa IX 2022 yang dilaksanakan di Jakarta," ucap Kanda Turmawazi panggilan akrabnya saat diwawancarai media ini di bumi perkemahan acara KSLP3 di Anjani. Rabu (28/12/2022).

Disebutkan Kanda Turmawazi, Jambore Pelajar Teladan Bangsa IX 2022Jambore tersebut hanya diikuti oleh  100 peserta yang berasal 59 Kota/Kabupaten, dan 21 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia, bertujuan untuk membangun ketahanan komunitas berbasis sekolah, utamanya para pelajar ini.

"Nah..salah satu dari 100 siswa tersebut termasuk siswa kami di SMA NW Suralaga, itu merupakan kebangganan bagi kami," sebutnya.

Dijelaskan Kanda Turmawazi, Dari 100 orang pelajar yang mengikuti kegiatan jambore pelajar teladan tersebut terpilih secara selektif dimana awalnya peserta jambore ini mengikuti seleksi yang ketat diikuti oleh siswa di seluruh nusantara.

"Semua calon perserta jambore Pelajar Teladan Bangsa membuat tiga kategori, diantaranya membuat Esai, Membut Vidio tetang kejahatan di dunia online, dan Membuat kata - kata motivasi. Itu dikirim ke panitia untuk dinilai layak tidaknya" terangnya.

Lebih lanjut dikatakan Kanda Turmawazi, Peserta Jambore Pelajar Teladan Bangsa IX 2022, Untuk Provinsi  NTB yang lolos sebanyak tiga orang, dari  Lombok Timur siswa kami di SMA NW Suralaga, 1 dari Pulau Sumbawa, dan 1 lagi dari Bima.

"Harapan kita, kembalinya siswa kita ini bisa sharing ilmu kepada teman-temannya dan semakin maju dalam berfikir, bertindak dan sebagainya," tutupnya.

Dilain tempat, Kepala SMA NW Suralaga, H. Kazwaini, S.Pd. membenarkan bahwa salah satu siswanya menjadi Duta NTB pada Jambore Pelajar Teladan Bangsa IX 2022 tersebut.

"itu merupakan kebanggaan bagi kami keluarga besar SMA NW Suralaga, apalagi siswa kami mewakili NTB dan ikut disematkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, saat pembukaan acara, itu merupakan momen yang langka," ucapnya saat dihubungi melalui via seluler.

"Mudahan ini menjadi motifasi bagi siswa kami yang lain dan terimakasih pada MAARIF Institute yang telah mempercayakan siswa kami sebagai duta di NTB pada Jambore Pelajar Teladan Bangsa IX 2022, mudahan ada tiap tahunnya mewakili sekolah kami kembali," tutupnya.

Sebagai informasi bahwa peserta Jambore Pelajar Teladan Bangsa IX 2022berasal dari Nangroe Aceh Darussalam, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Maluku. Acara yang diselenggarakan tiap tahun ini sempat terhenti selama 2 tahun pada 2020 dan 2021, karena pandemi covid-19. (RS)