Daftar Isi [Tampil]

Salmun Rahman Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Lombok Timur
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Adanya gugatan maupun protes yang dilayangkan bakal calon  (Balon) Kepala Desa (kades) yang tidak lolos karena tidak memenuhi persyaratan terutama setelah dilakukan verifikasi faktual (verfak) oleh panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) merupakan dinamika dalam proses tahapan pemilihan di 53 Desa sampai saat ini tetap berjalan sesuai tahapan Pilkades serentak 2023 di Kabupaten Lombok Timur (Lotim).

Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Salmun Rahman, mengatakan dari gugatan maupun protes balon kades yang tidak lolos menjadi calon kades tidak menghambat proses tahapan Pilkades tersebut, Hal itu merupakan bagian dinamika dari sebuah proses seleksi oleh panitia pilkades.

"Itu hak orang untuk menggugat, Insyaallah...gak menjadi hambatan, wajarkah orang karena dinyatakan tidak lulus, pasti ada rasa kekecewaannya, mungkin mereka ingin mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap, itu sudah kita fasilitasi semua," ucapnya saat ditemui di ruang kerjanya. Senin (16/1/2023)

Disampaikan Salmun, Untuk proses tahapan Pilkades berjalan dengan baik karenanya dari PMD terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan semua pihak terkait baik itu dari pihak panitia Kabupaten, Kecamatan, dan Aparat Penegak Hukum (APH) untuk lancarnya proses pemilihan  Pilkades tersebut.

"Alhamdulillah... Semua berjalan dengan lancar sesuai tahapan termasuk pengambilan nomor calon kades semua sukses dilaksanakan di aula kantor desa masing - masing, walau ada yang dilakukan di kantor camat," terangnya.

Salmun, tetap mengingatkan pada panitia untuk bekerja sesuai dengan regulasi yang ada, tidak memihak dengan menjunjung tinggi keobjektifitasan, serta jujur dan adil terhadap semua calon tanpa pandang bulu.

"Bagaimana semua panitia itu harus berjalan sesuai dengan aturan dan semua masyarakat turut mendukung suksesnya Pilkades ini dengan menciptakan kondisi yang aman di wilayah masing-masing," pesannya.

Salmun, juga tidak menapikan sampai saat ini honor panitia Pilkades tersebut belum terbayarkan sampai saat ini, namun dirinya memastikan akan dicairkan semua dalam waktu dekat.

"Alhamdulillah semua panitia Pilkades tetap semangat dalam bekerja menunaikan tugas mereka sesuai tahapan, Karena semua keuangan ini ada aturan pencairannya, Insyaallah semua akan dicairkan ke rekning panitia Pilkades," ungkapnya.

Salmun, Berharap semua pihak berperan aktif dalam suksesnya Pilkades ini, dengan mengkawal demokrasi tingkat desa ini berjalan dengan baik, karena ini demi kepentingan masyarakat untuk memilih pemimpin yang akan memimpin desa selama 6 (enam) tahun kedepan.

"Kita harap semua pihak bekerja di pos masing - masing, terutama panitia bekerja bekerjalah dengan jujur dan adil dengan tidak memihak," harapnya. (RS)