Daftar Isi [Tampil]

Bupati Lotim, H.M. Sukiman Azmy hadiri Festival kecimol
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Festival kecimol dalam rangka ulang tahun Asosiasi Kecimol Nusa Tenggara Barat (AK NTB) yang pertama yang diadakan festival kecimol dengan tema, Melalui Festival Kecimol Kita "Revitalisasi Tata Cara Berkecimol Sesuai Dengan Standar Norma Suku Sasak". Berlangsung dari tanggal 25 sampai tanggal 26 Januari.

Dalam sambutannya Bupati Lotim, H. M. Sukiman Azmy, menyampaikan berkecimol bukanlah pekerjaan mudah, apalagi mengingat jumlah anggota setiap grup mencapai puluhan orang. karenanya Ia memberikan apresiasi kepada AK NTB yang berhasil melaksanakan kegiatan ini dan mengumpulkan seratus grup Kecimol.

"Izinkan saya menyampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada ketua dan panitia penyelenggara yang telah berhasil menyelenggarakan acara ini, dan selamat datang kepada para peserta Festival yang jumlahnya 50 grup," ucapnya. Rabu, (25/01/2023)

Bupati Sukiman, juga menyampaikan pandangannya terhadap kecimol yang diharapkan dapat berkembang sebagai kesenian yang tidak berbenturan dengan nilai religiusitas masyarakat Lombok, dan hadirnya Festival itu menjadi bagian dari upaya pembinaan yang dilakukan Pemda bersama asosiasi untuk mengeliminasi dan mendorong kecimol ke arah yang lebih baik.

"Karena itulah kita hadir di sini, untuk membina mereka agar dapat menjadi organisasi kesenian," terangnya.

Sejalan yang diungkapkan Bupati Lotim, Ketua Umum DPP AK NTB Suhardi yang diungkap dalam laporannya, Ia menegaskan bahwa kecimol saat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana Kecimol saat ini lebih mengedepankan nilai dan etika moral serta standar perilaku dan norma yang dimiliki masyarakat sasak. Tentu Kecimol yang sekarang jauh lebih rapi, santun dan berdaya kerana daripada Kecimol dulu.

"Terselenggaranya festival kecimol oleh AK NTB, tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Daerah (Pemda), yang telah memberikan fasilitas sehingga bisa terlaksananya kegiatan Festival tersebut dengan lancar," kata Suhardi. (RS)