Daftar Isi [Tampil]

Ketua Panwaslu Kecamatan Suralaga Rudi Hadi Suwandi, S.Ak. Lantik sebanyak 15 orang panwalu Desa
LOMBOK TIMUR, Radarselaparang.com || Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Suralaga resmi melantik sebanyak 15 orang Anggota Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) yang telah lolos seleksi wawancara, Dimana setelah pelantikan PKD tersebut selanjutnya akan melakukan tugas pengawas di wilayah desanya masing-masing. bertempat di aula Kantor Camat Suralaga, Ahad (5/2/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Suralaga (Drs Nurhilal), Polsek suralaga, Danpos Ramil suralaga (Peltu Sugeng Widodo), Ketua Panwaslu kecamatan suralaga ( Rudi Hadi Suwandi,S.Ak), Ketua PPK kecamatan suralaga (Muaddibi Asfiya' R),Panwaslu desa sebanyak 15 orang.

Acara di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan mars Bawaslu di lanjutkan dengan pelantikan anggota panwas desa oleh ketua panwascam suralaga serta pembacaan fakta integritas oleh panwas tingkat desa di lanjutkan dengan tanda tangan pakta integritas.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Panwaslu Kecamatan Suralaga menyampaikan selamat kepada Panwaslu Desa yang baru saja di Lantik.Tentunya yang sudah dilantik adalah orang-orang yang terpilih dari 75 orang yang mendaftar di Kecamatan Suralaga dari 15 orang yang dibutuhkan satu orang perdesa.

"Maka bapak ibu lah yang terbaik  oleh sebab itu tentu hal tersebut harus menjadi dasar kita untuk melaksanakan kerja-kerja pengawasan dengan penuh tanggung jawab dan berintegritas tinggi," sebutnya.

Diungkapkan Rudi, bahwa sebanyak 75 orang yang mendaftar, sebanyak 70 yang lolos adminitrasi, yang selanjutnya berhak mengikuti Tes wawancara. Dari 70 orang tersebut sebanyak 10 orang yang tidak hadir, sehingga sebanyak 60 mengikuti tes wawancara.

"Dari 60 orang diluluskan sebanyak 15 orang setelah dilakukan pleno oleh komisioner Panwaslu kecamatan dengan mengikuti ketentuan dan prosedur yang sudah ditetapkan oleh Bawaslu. Insyaallah semua sudah kami lakukan dengan transparan mungkin sehingga tidak ada indikasi yang keluar dari rel yang sudah ditentukan," paparnya.

Dijelaskan Rudi, bahwa dalam pemilu tahun 2024 nantinya untuk mengedepankan pencegahan terhadap potensi-potensi pelanggaran yang ada di dalam pemilu sehingga diperlukan sinergisitas dengan mengajak kepada semua elemen sebagai penyelenggara pemilu lebih-lebih menjadi pengawas tapi semua unsur dari camat dan seluruh jajaran di desa, Kapolsek dan seluruh unsur yang ada di kecamatan Suralaga untuk sama-sama mensukseskan pemilu tahun 2024 mendatang dengan sama-sama mengawasi agar tidak ada kecurangan tidak ada praktik politik uang yang walaupun tidak dapat hapuskan.

"Kalau hanya penyelenggara atau pengawas saja apalagi kan setiap desa itu cuma satu pengawasnya sehingga butuh kerjasama kolaborasi antar semua unsur yang ada baik di desa atau di kecamatan" terangnya.

Lebih lanjut diterangkan Rudi, bahwa setelah pelantikan ini tugas pertama yang harus dilakukan oleh anggota panwaslu Desa lakukan adalah membangun silaturahim komunikasi dan sinergi terhadap semua elemen masyarakat yang ada di desa baik pemerintah tokoh agama lebih-lebih tokoh pemuda, karena sekarang zaman ditandai dengan teknologi kemajuan teknologi dan sebagian besar pengguna teknologi dan kaum muda sangat besar sekali perannya terhadap perubahan.

"Oleh sebab itu juga menjadi bagian yang harus di atensi oleh kita nah selanjutnya bahwa pasca pelantikan ini tentu bapak ibu anggota panwaslu Desa khususnya di kecamatan suralaga sudah resmi tentunya menjadi pengawas pemilu." jelasnya.

Diujung penyampaiannya, Rudi juga mengingatkan ke depan tugas yang harus dan benar-benar atensi, yang pertama adalah tahapan yang sedang berjalan hari ini yaitu proses persiapan untuk penyusunan pemilih daftar pemilih nah itu nanti dilakukan oleh PPS dan pantarlih sebagai petugas yang membantunya. Tentu yang menjadi pengawas desa harus melakukan pengawasan melekatkan, karena ingat bahwa tugas pengawas desa adalah menjaga hak pilih setiap warga negara.

"Jangan sampai ada yang dirampas hak pilihnya tentu langkah-langkah pengawasan itu harus didasari dengan mengawasi langsung ke lapangan," pungkasnya.

Daftar nama-nama PKD yang dilantik

Selanjutnya Camat Suralaga, Nurhilal, juga menyampaikan ucapan selamat kepada panwaslu desa yang baru di Lantik, sebagai panwaslu kecamatan dan desa  tidaklah semudah apa yang diucapkan dan dibayangkan.

"yang namanya mengawasi ini, kita mengawasi orang dengan berbagai karakter yang berbeda beda dan itu harus dipahami," ucapnya.

Lebih jauh, Nurhilal menyebutkan bahwa suksesnya pemilu tidak hanya ditentukan oleh bidang pengawasan saja tapi ada tiga komponen dalam penyelenggaraan ada namanya KPU di situ beserta jajarannya sampai paling bawah yang namanya PPS dan juga KPPS, di sisi lain ada juga namanya peserta pemilu, juga ada Bawaslu dengan jajaran mulai Panwaslu kecamatan, Panwaslu Desa sampai pengawas TPS dan DKPP.

"saya berpesan baik panwaslu kecamatan dan panwaslu desa agar kompak dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya demi tercapainya pemilu yang umum bebas dan rahasia," pesannya.

Kegiatan pelantikan berjalan dengan aman dan lancar di tutup doa oleh KUA kecamatan suralaga. (RS/Kresna007)