Daftar Isi [Tampil]

Dedy Efendi, S.Ag., SH., M.Pd, Kepala SMK NW Anjani 
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Wathan (SMK NW) Anjani menjadi salah satu sekolah swasta unggulan di Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Hal itu terlihat dari hasil yang dikeluarkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kemendikbud.

Disebutkan Dedy Efendi, Selaku Kepala SMK NW Anjani, Dimana sebelumnya LTMPT, telah merilis daftar Top 1000 Sekolah Tahun 2022 di Indonesia.  Berdasarkan Nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Nilai UTBK 2022 dihitung berdasarkan hasil 60% TPS + 40% TKA.

"Selanjutnya sekolah diurutkan berdasarkan nilai total tertinggi hingga terendah. Dari data itu diambil 1.000 sekolah dengan nilai total tertinggi," ucapnya saat ditemui media ini di ruang kerjanya, Rabu (7/2/2023).

Diterangkan Dedy, Sebanyak 23.657 sekolah yang mengikuti UTBK 2022 Kemendikbud, dengan jumlah siswa peserta mencapai 745.115 orang. LTMPT menetapkan kriteria untuk melakukan pemeringkatan sekolah terbaik. Dari 3.381 sekolah yang dinilai, LTMPT Kemendikbud membuat daftar Top 1000 Sekolah Tahun 2022 di indonesia.

"Dalam daftar sekolah terbaik di Lombok timur , Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Wathan Anjani (SMK NW Anjani)  menjadi SMK Swasta  terbaik pertama di Kabupaten Lombok Timur berdasarkan rilisan LTMPT 2022 Kemendikbud," terangnya.

"SMK NW Anjani merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani  memiliki tiga Kompetensi keahlian yaitu Teknik Bisnis Sepeda Motor, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dan Teknik Multimedia," lanjutnya.

Lebih jauh dipaparkan, Dedy, Terpilihnya SMK NW Anjani sebagai SMK Swasta terbaik pertama di Lombok timur, bukan merupakan pilihan tanpa sebab karena harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan sehingga SMK NW Anjani salah satu lembaga pendidikan yang berkualitas.

"SMKN NW Anjani memiliki fasilitas sekolah dan program keahlian memenuhi standar yang ditetapkan pemerintah,  antara lain ruang belajar yang nyaman, laboratorium komputer, ruang praktek otomotif," rincinya.

"Sekolah itu juga  memiliki program belajar yang menyenangkan yang dirancang untuk mengembangkan karakter siswanya. Hal ini dikarenakan tenaga pendidik yang berkualitas merupakan faktor yang sangat penting dalam kualitas pendidikan," paparnya

Dengan prestasi yang dicapai ini, Dedy, tak lupa Ia mengucapkan rasa syukur karena sekolah yang dipimpinnya bisa masuk 1000 top SMK unggulan se Indonesia dan menjadi SMK Swasra unggulan pertama di Lombok timur.

"Untuk kedepannya, kita akan terus tingkatkan bukan hanya kwantitas, tetapi yang lebih penting juga kwalitas proses pembelajaran dan praktek dalam rangka meningkatan mutu pendidikan," tutupnya. (RS)