Daftar Isi [Tampil]

Pelantikan pantarlih langsung aksi melakukan pencoklitan 
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Sebanyak 191 orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) se-Kecamatan Suralaga dikukuhkan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di masing-masing desa secara serentak di sekretariatnya di Kabupaten Lombok Timur (Lotim), termasuk salah satunya di Kecamatan Suralaga, Ahad (12/2/2023).

Sebagaimana pemantauan dari awak media radarselaparang.com, dimana di masing-masing desa dilakukan pengukuhan dan pelantikan pantarlih oleh PPS sebagaimana yang diinstruksikan sesuai time schidule yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lotim, ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Usai dilakukan pengukuhan dari petugas Pantarlih selanjutkan akan melakukan tugas mereka untuk melakukan pencocokan dan Penelitian yang selanjutnya disebut Coklit, adalah kegiatan yang dilakukan oleh PPDP dalam Pemutakhiran data Pemilih dengan cara mendatangi Pemilih secara langsung.

Ketua PPK Kecamatan Suralaga, Muaddibi Ashfiya, menyampaikan bahwa semula pelantikan pantarlih ini akan dilakukan pada tanggal 7 Februari 2023 kemarin, namun karena terkendala dengan adanya perubahan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) maka ditunda.

"Penundaan itu sesuai instruksi KPU Lotim, karena adanya pengurangan. Jumlah TPS yang semua 203 TPS, berkurang menjadi 191 TPS," terang Muaddibi pada media ini disela pembagian perlengkapan Pantarlih di sekretariat PPK kecamatan Suralaga.

Dilanjutkan Muaddibi, bahwa seyogyanya selesai pelantikan dan pengukuhan petugas pantarlih tersebut, pantarlih akan langsung bekerja untuk  mencoklit pada jam 14.00 WITA secara sertrak, namun dikarenakan adanya perlengkapan untuk melakukan Coklit tersebut masih kurang makanya para pantarlih bekerja sedikit terlambat.

"Bukannya kami menunda untuk melakukan pencoklitan hari ini usai pelantikan pantarlih, melainkan karena adanya kekurangan perlengkapan yang akan dibawa untuk mencoklit," terangnya.

"Tetapi...Alhamdulillah tadi sore semua pantarlih sudah kita bagikan dan langsung melakukan coklit di wilayah kerja masing-masing, termasuk juga dari Bawaslu dan Panwaslu kecamatan sempat melakukan pengawasan di lapangan tadi," lanjutnya.

Lebih lanjut, Muaddibi menyampaikan bahwa  dirinya sangat optimis pantarlih sudah dilantik mampu melakukan tugas mereka sesuai dengan date line waktu yang ditetapkan selama 33 hari tersebut bisa rampung.

"Artinya petugas pantarlih akan mencoklit selama 33 hari tersebut mereka minimal mencoklit sebanyak 10 orang dalam sehari, Insyaallah semua itu bisa dilaksanakan dengan baik," paparnya.

Tak lupa Muaddibi pada petugas  pada petugas pantarlih agar menjalankan tugas mereka dengan penuh rasa tanggung jawab dan disiplin sehingga tugas yang dibebankan bisa selesai dalam rentan waktu yang telah ditetapkan.

"Dengan bersama-sama tetap menjaga integritas menuju pemilu yang bermartabat, Insyaallah semua akan rampung sesuai waktu yang ditentukan,"tutupnya.

Sementara itu ditempat terpisah, Rudi Hadi Suwandi, selaku Ketua Panwaslu Kecamatan Suralaga, menyampaikan bahwa pihaknya terus mengingatkan pada pantarlih melalui PPK agar menjalankan pencoklitan dihari pertama ini dengan berapapun hasilnya agar semua tahapan pemilu berjalan dengan baik.

"Kami selaku panwaslu Kecamatan, juga sudah menginstruksikan pada semua sahabat PKD untuk melakukan pengawasan di masing-masing desa tempat mereka bertugas untuk mengawasi pelaksanaan Coklit di hari pertama ini, juga agar mengingatkan semua pantarlih melalui PPS untuk melakukan pencoklitan dihari pertama ini dengan berapapun hasilnya segera melaporkan hasilnya," terangnya.

"Kami tetap akan memonitoring dihari pertama ini, tadi juga bersama  Bawaslu kami turun melakukan pengawasan ditemani dengan Ketua PPK di beberapa titik," tutupnya. (RS)