Daftar Isi [Tampil]

Bupati Lotim, H.M.Sukiman Azmy saat rapat bersama Civitas Akademika Fakultas Pertanian Unram membahas pengembangan holtikultura jenis kentang di wilayah Sembalun 
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Daerah Sembalun sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) mempunyai daya tarek tersendiri, juga berpotensi untuk dikembangkan holtikultura, Hal itu dicanangkan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur (Pemda Lotim) bekerjasama dengan Civitas Akademika Fakultas Pertanian Universitas Mataram (Unram) yang di bahas di ruang rapat Bupati Lotim, Selasa (14/3/2023)

Bupati Lotim, H.M.Sukiman Azmy, dalam kesempatan tersebut berharap kerjasama dengan pihak Unram untuk mengembangkan komoditi kentang di Sembalun dapat terealisasi, sehingga Sembalun nantinya bisa menjadi sentra produksi kentang kedepannya.

"Diperlukan komunikasi intens dengan stakholder terkait guna memastikan kegiatan produksi kentang di Sembalun dapat terealisasi dengan baik sesuai perencanaan," ucapnya.

Diterangkan Bupati Sukiman, Dengan potensi Sembalun Disamping sebagai kawasan strategis pariwisata nasional, tapi juga merupakan wilayah yang sangat menjanjikan dikarenakan Sembalun merupakan kawasan yang bebas dari penyakit Nematoda Sista Kuning (NSK) yang ada di Indonesia.

"Sehingga kedepan, dengan bebas NSK itu, wilayah Sembalun sangat potensial dikembangkan sebagai penghasil komoditi kentang," paparnya.

Karenanya Bupati Sukiman, berharap semua komponen baik dari OPD juga pihak Unram serta masyarakat Sembalun diharapkan berperan aktif dalam mensukseskan program ini, agar usaha dalam penelitian pembenihan kentang ini berhasil dari Civitas fakultas Pertanian Unram.

"Jika berhasil, Maka diharapkan pada bulan Mei mendatang sudah dapat dilakukan penanaman bibit kentang tersebut" pungkasnya. (RS)