Daftar Isi [Tampil]

Bupati Lotim H.M.Sumiman Azmy pimpin apel deklarasi damai calon kepala desa didampingi Kapolres Lotim dan Dandim1615
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Dengan semakin dekannya pelaksanaan pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Bupati Lombok Timur (Lotim) dan Kapolres Lotim laksanakan apel deklarasi damai Pilkades, bersama 198 calon Kades, di 53 desa yang mengikuti Pilkades serentak pada bulan Maret 2023 mendatang, bertempat di Mapolres Lotim, Selasa (28/2/2023)

Dalam apel deklarasi damai tersebut, Bupati Lotim, H. M.Sukiman Azmy  bertindak selaku inspektur upacara, dimana dalam amanatnya memberikan pesan agar pelaksanaan Pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada Maret 2023 mendatang, bisa berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan bersama.

Bupati Sukiman berpesan hendaknya Panitia Pilkades harus kompeten, akuntabel, dan transparan, serta jika ada sengketa pilkades harus diselesaikan dengan ketentuan yang ada.

"Agar terciptakan kondisi kondusif dan aman serta harmonis, hendaknya semua pihak menjaga ukhuwah wathaniah," ucapnya.

Lebih lanjut, Bupati Sukiman juga berharap agar semua pihak baik itu panitia Pilkades, calon Kades maupun tim hendaknya mematuhi regulasi yang ada, baik itu Perbup, Perda dan undang-undang diatasnya oleh calon kades maupun panitia Pilkades.

"Bagian terpenting dari itu semua, calon kades harus siap kalah dan menang dengan tetap menjaga kondusifitas," tutupnya.

Sebanyak 198 calon kades di 53 desa yang melaksanakan Pilkades pada 15 Maret 2023 menandatangani petisi deklarasi damai
Dikesempatan yang sama, Kapolres Lotim AKBP Hery Indra Cahyono, dalam pidatonya berharap para calon Kepala Desa untuk sama sama mentaati kesepakatan yang telah diikrarkan. Sehingga pelaksanaan Pilkades berjalan dengan aman tertib dan lancar

Suksesnya pelaksanaan Pilkades nantinya, menurut Herry, dilihat dari tiga aspek, yakni Sukses pelaksanaan, Sukses pelaksanaan pilkades puncaknya pada tanggal 15 Maret 2023 mendatang, Sukses partisipasi semua masyarakat dalam menyalurkan aspirasi suaranya dan Sukses regulasi dimana semua tahapan dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku.


“Kami berharap pada seluruh calon untuk siap kalah dan siap menang, kami dari Forkopimda akan terus mengawal pelaksanaan pilkades hingga dengan selesai,” harapnya.

Pada kesempatan itu Mantan Dandim 1615 Lotim juga memberikan penekanan kepada aparat keamanan, camat bersama forkopimcam, panitia Pikades dan Calon kades se-Lotim.‎ (RS)