Daftar Isi [Tampil]

Camat Suralaga Drs Nurhilal bersama Kapolsek Suralaga Bambang Supriyanto dan Danposramil Peltu Sugeng Widodo berserta Panitia Pilkades Dasan Borok
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Pemungutan suara pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) dilaksanakan hari ini, dimana pemungutan suara dimulai sejak pukul 07.00 sampai jam 12.00, dan penghitungan suara tepat pukul 13.00 WITA. Rabu (15/3/2023)

Pemungutan suara Pilkades Desa Dasan Borok, Kecamatan Suralaga, diikuti oleh 5 orang calon Kepala Desa, dan jumlah yang berhak menggunakan hak suara 1724 orang dengan menggunakan hak suara sebanyak 1367 suara, yang terbagi dalam 4 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dari hasil pemungutan suara tersebut, calon Kades nomor urut 4 atas nama Hirsanuddin unggul dengan Perolehan suara sebanyak 411 suara selisih tipis 31 suara dengan nomor urut 5 atas nama H. Khairul Latif memperoleh suara sebanyak 380 suara.

Adapun rincian perolehan masing-masing calon kades Dasan Borok sebagai berikut;

- Nomor urut 1, M.Rofii,S.Pdi sebanyak 189  Suara;
- Nomor urut 2, Muhammad Azhar Siddiq, S.Pd sebanyak 227 suara;
- Nomor urut 3, H.Muhammad Yunus, sebanyak 160 suara;
- Nomor urut 4, Hirsanuddin, S.Pd sebanyak  411 Suara;
- Nomor urut 5, H. Khairul Latif, S.Ag, sebanyak 380 suara.

Untuk mengatensi keamanan perhitungan suara, pihak Badan Keamanan Desa (BKD) di back up Polsek Suralaga, Danposramil, dan Pol PP. Dimana sesuai hasil pantauan media ini seluruh proses pemilihan dari awal sampai akhir berjalan dengan baik dan tertib.

Camat Suralaga, Nurhilal, mengatakan usai perekapan perhitungan suara di kantor Desa Dasan Borok, mengharapkan kepada calon yang terpilih untuk merangkul calon yang tidak naik, karena bagaimanapun juga ini adalah kontestasi pasti ada yang menang dan ada yang kalah.

"Kita berharap calon yang baik segera merangkul calon yang tidak naik, dan membangun komunikasi yang baik. Dan pada semua tim sukses dan pendukung agar legowo dan tetap menjaga ketertiban dan keamanan," ucapnya.

Nurhilal, mengatakan upaya membangun desa itu tidak bisa dilakukan oleh sekelompok orang saja melainkan dengan bersama-sama, apalagi status desa Dasan Borok kategori desa Mandiri yang harus dipertahankan.

"Jadi kita berharap Kepala Desa terpilih bergerak cepat untuk merangkul semua pihak demi kemajuan dan kemakmuran desa Dasan Borok," pungkasnya.

Begitupun yang dikatakan Kapolsek Suralaga, IPDA Bambang Supriyanto, menghimbau pada semua pendukung terutama yang pada calon yang unggul agar tidak melakukan uporia berlebihan dan tidak membuat acara kemenangan dengan melakukan kompoi massa.

"Kami akan bertindak tegas bila tidak mengindahkan himbauan kami ini," tegasnya.

Dilanjutkan Bambang, usai pemilihan ini pihaknya mengandeng dari Danposramil dan Pol PP kecamatan akan tetap berjaga agar kemanan dan ketertiban masyarakat tetap terjaga.

"Sesuai dengan SOP yang ditentukan jika selisih perhitungan suara tipis, maka anggota akan ditaruh beberapa hari untuk menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat," pungkasnya. (RS)