Daftar Isi [Tampil]

Sekda Lotim, H.M. Juaini Taufik, saat menandatangani petisi disela perayaan Hari Perempuan Internasional di Taman Rinjani Selong.

LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Peringatan Hari Perempuan Internasional (HPI) dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) yang dipusatkan di Taman Rinjani Selong, Dimana Kegitan itu juga mengambil momen dari Car Free Day (CPD), Ahad (12/3/2023)

Dalam kesempatan tersebut, Sekda H.M.Juaini Taufik, dalam sambutannya menyampaikan salah satu hadits Nabi yang dinilai relevan dalam menempatkan posisi perempuan pada tempat yang baik, dan sama esensinya dengan peringatan hari perempuan Internasional.

"Bahwa laki-laki yang paling baik adalah yang sikapnya paling baik pada istri dan keluarganya," ucapnya mengutip hadits Nabi.

Diakui, Sekda Juaini,  Pada umumnya posisi perempuan masih cenderung lemah dibandingkan dengan laki-laki, Selalu saja yang menjadi objek penderitaannya perempuan,  karena itu upaya inklusif dan rasa kebersamaan dalam memperjuangkan hak perempuan, serta keadilan dan kesetaraan menjadi tugas bersama.

"Upaya tersebut tidak dapat dilaksanakan sendiri oleh pemerintah, ataupun lembaga swadaya, melainkan dibutuhkan kerjasama semua pihak ," terangnya.

Sekda Juaini, juga menekankan pada pelayanan yang ramah terhadap penyandang difabel atau yang sering disebut warga berkebutuhan khusus, dan juga pada kelompok marjinal dengan tidak melakukan tindakan diskriminasi, dengan sikap ramah itu sangat membantu mengurangi beban mereka.

"Melalui semangat hari perempuan internasional, mari kita perjuangkan hak-hak perempuan, difabel, dan kelompok termarjinalkan," ajaknya semangat.

Hari Perempuan Internasional dirayakan setiap tahun pada tanggal 8 Maret. Peringatan Hari Perempuan Internasional merupakan bentuk peringatan terhadap perjuangan dan pencapaian perempuan di berbagai bidang. (RS)