Daftar Isi [Tampil]

Pjs Kepada Desa Dasan Borok bersama aparat kemanan memantau proses perhitungan suara di masing-masing TPS melalui media center
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Upaya menghindari Keramaian dan penumpukan Masyarakat di TPS Pemdes Dasan Borok Bersama Panitia Terapkan sistem digitalisasi untuk memantau proses pemungutan suara di tiap-tiap TPS.

Dari hasil pantauan melalui CCTV center yang berada di Kontor Desa Dasan Borok terpantau selama berlangsungnya pemungutan suara hingga proses penghitungan kertas suara perolehan masing-masing calon Kades tampak berjalan dengan aman dan lancar serta terkendali tanpa terlihat berjubelnya masyarakat yang menyaksikan secara langsung, karena masyarakat bisa melihat proses tersebut melalui siaran TV kabel dari rumah masing-masing

Dikatakan Pjs Kades Dasan Borok, Lalu Gede Suwiyadi dengan memasang CCTV di masing-masing TPS dan menghubungkannya ke TV kabel desa, masyarakat bisa mengakses proses Pilkades dengan cepat cukup di rumah mereka. ini dilakukan untuk mengurangi penumpukan masyarakat di TPS yang mau menyaksikan proses perhitungan suara.

"Masyarakat juga bisa menyaksikan langsung proses perhitungan di rumah mereka melalui TV kabel Desa," ucapnya.

Dilanjutkan, Lalu Gede, Dari inovasi yang di gagas oleh panitia dilakukan ini, sangat mempermudah pemerintah desa bersama kecamatan maupun pihak keamanan mudah memantau proses pemungutan suara hingga proses penghitungan suara.

"Di Lombok Timur, dari 53 desa hanya kami kemungkinan yang melakukan ini," terangnya.

Disampaikan Lalu Gede, bahwa dengan gebrakan ini sangat terasa danpak yang dirasakan, Dimana tidak terjadi penumpukan di TPS dan dari hasil pantauan yang ada menonton di TPS kebanyakan masyarakat luar desa. Dengan memakai sistem digitalisasi ini sangat bermanfaat untuk mengurangi penumpukan massa di yang ingin menonton perhitungan suara di tiap-tiap TPS.

"Masyarakat kami kebanyak menyaksikan hasil dari dalam rumah mereka sendiri melalu siaran langsung di TV kabel," tutupnya.

Kasi Humas Polres Lotim, IPTU Nikolas Oesman, yang memonitoring Pilkades di Dasan Borok, mengatakan ini merupakan gebrakan yang bagus dan sangat membantu Anggota dan mengontrol proses pemungutan suara.

"Saya sangat mengapresiasi kinerja panitia Pilkades Dasan Borok,"ungkapnya. (RS)